Lihat ke Halaman Asli

4 Tips Menemukan Supplier Grosir

Diperbarui: 21 Maret 2016   14:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jika Anda berencana untuk memulai bisnis ritel atau bisnis layanan, maka Anda pasti akan memulai dengan mencari supplier grosir. Industri distribusi grosir sangat berkembang; sehingga menemukan dan menjalin hubungan dengan pemain grosir adalah sangat penting terutama bagi pemula yang merambah ke industri grosir.

Berikut adalah beberapa tips untuk menemukan perusahaan grosir dan beberapa praktek terbaik untuk membuat perjanjian dengan mereka:

1) Targetkan bisnis grosir
Industri grosir besar dan sangat terfragmentasi, dengan 50 distributor terbesar menghasilkan 25 persen dari pendapatan industri. Grosir melayani pengecer dan bisnis jasa lainnya melalui berbagai saluran distribusi dan rantai pasokan. Di bagian atas rantai adalah produsen (termasuk importir atau distributor eksklusif – yang juga menjual ke pedagang besar). Berikutnya adalah grosir atau distributor daerah (yang mendistribusikan barang secara lokal) dan broker / pemborong (yang memberikan barang untuk usaha kecil lokal seperti toko produk independen). Cobalah untuk mempertahankan jaringan yang baik dengan mereka semua.

2) Volume adalah uang
Bisnis grosir adalah volume sentris. Semakin banyak Anda dapat membeli, semakin rendah harga grosir, dan semakin tinggi keuntungan yang akan Anda hasilkan. Oleh karena itu, sebagai usaha kecil baru, tidak mungkin bagi Anda dapat bernegosiasi dengan perusahaan grosir bervolume tinggi. Perusahaan grosir lebih kecil akan menjual dan mengirim ke usaha lebih kecil juga, dan saat Anda bergerak maju dan meningkatkan penjualan Anda, Anda akan dapat maju lebih tinggi dalam rantai pasokan untuk bernegosiasi volume yang lebih tinggi dan pada harga lebih rendah.

3) Gunakan waktu untuk melakukan riset dan menemukan perusahaan grosir
Menemukan perusahaan grosir membutuhkan waktu, tetapi ada sejumlah praktik terbaik yang dapat Anda gunakan untuk membantu upaya penelitian Anda:

--> Cari di Internet – Temukan perusahaan grosir serta produknya untuk membantu Anda menentukan supplier lokal (ini akan menunjukkan supplier nasional), kemudian tambahkan kode pos Anda pada pencarian sehingga hasil Anda dilokalisasi. Anda juga dapat mencari YellowPages.com dan asosiasi online, direktori perdagangan, atau direktori grosir.
--> Pameran Dagang – Pameran dagang merupakan tempat yang bagus untuk menemukan perusahaan grosir jika Anda memiliki anggaran dan waktu. Direktori tradeshow dapat membantu Anda menentukan acara berdasarkan industri dan lokasi.
Majalah Perdagangan – Periksa iklan dan klasifikasikan perusahaan grosir dalam industri Anda.
--> Tanyakan Sekitar – Mungkin tidak tepat untuk bertanya ke pesaing Anda dari mana mereka memperoleh persediaan barang, tetapi tanyakan di sekitar Anda jika Anda berada di luar kota menghadiri acara networking bisnis lokal (Chamber of Commerce, Pusat Pengembangan Usaha Kecil, dll).
--> Berbicara dengan Produsen Merek – Produsen merek kadang-kadang dapat menjual dalam grosir, tetapi biasanya hanya dalam volume yang sangat tinggi. Namun, mereka mungkin bisa merujuk Anda ke perusahaan grosir atau distributor yang dapat menjual untuk usaha kecil.

4) Lakukan uji kelayakan Anda sendiri
Sekarang Anda telah menemukan supplier Anda, lakukan uji kelayakan. Menanyakan kembali tentang diskon volume, kebijakan pengembalian, dan waktu pemrosesan order. Sebelum Anda menandatangani kontrak apapun, bersiaplah untuk menegosiasikan syarat harga, jumlah minimum order, jadwal pengiriman, dll. Tambahkan perjanjian ini pada syarat dan ketentuan perdagangan, dan pertimbangkan memiliki ulasan pengacara sebelum penandatanganan.

Apakah menemukan perusahaan grosir yang tepat pemasok tampak seperti tugas yang sangat menakutkan? Cari supplier berkualitas dengan cepat dan mudah di platform Tridge: http://tridge.co/1Y894Qa




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline