Lihat ke Halaman Asli

Dilema Mahasiswa Setelah Kuliah Ingin Kemana

Diperbarui: 14 Juli 2018   06:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sarjana Kok Nganggur, Gambar twitter.com/stmik_banisaleh

Setelah dirimu menempuh pendidikan perkuliahan selama 4 tahun tahun lamanya dan di akhir perkuliahan kamu pastinya akan diuji untuk membuat sebuah karya ilmiah bernama skripsi, dan semua proses itu sudah di lakukan maka pada akhirnya kamu akan di wisuda dan mendapatkan ijazah dari hasil jerit payahmu berkuliah selama 4 tahun lamanya. Dan setelah kamu di wisuda dilema pun terjadi dalam hidupmu.

Ingin bekerja, hmm,  di zaman modern  seperti ini untuk mendapatkan pekerjaan yang layak bagi seorang sarjana sangatlah susah dan tidak mudah, kita harus di pusingkan dengan memasukkan persyaratan yang di minta ke beberapa perusahaan atau tempat yang menjadi sasaranmu, itupun kalau kamu di terima perusahaan tersebut, kalau tidak keterima kamu harus berdiam diri dirumah,  menjadi pengangguran.

Ingin kuliah lagi, harus mikir dua kali, di karena untuk kuliah s2 itu tidak sedikit biaya yang harus di keluarga, kalau melanjutkan perkuliahan sambil bekerja itu sih fine - fine saja, namun kamu kalau kamu melanjutkan perkuliahan dengan di biayai keluarga, pertanyaan dalam hati pun muncul apakah orangtuaku masih mampu untuk membiayai perkuliahan? Kalau tidak yang seperti tadi pastinya hari - harimu akan di habiskan dirumah saja, menjadi pengangguran.

Sebenarnya selama perkuliahan seorang mahasiswa itu harus menjadi orang  yang kreatif, misalnya membangun bisnis, menjadi penulis, ya melakukan apa yang bisa di lakukan untuk menghasilkan uang, seorang mahasiswa itu harus di tuntut untuk menciptakan peluang, bukan menunggu peluang yang ada. Intinya, manfaatkan ilmu yang sudah di dapatkan di perkuliahan selama 4 tahun lamanya untuk menciptakan sebuah peluang.

Menjadi pengangguran itu tidak enak loeh, jadi sebagai mahasiswa yang kreatif, mari kita ciptakan peluang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline