Lihat ke Halaman Asli

TauRa

TERVERIFIKASI

Rabbani Motivator, Penulis Buku Motivasi The New You dan GITA (God Is The Answer), Pembicara Publik

7 Tujuan Hidup, Yakin Sudah Tahu?

Diperbarui: 27 Agustus 2020   15:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi tujuan hidup (Sumber: Soyjoy.id)

Ketika seseorang di tanya, apakah sebenarnya tujuan hidup mu atau mengapa engkau ada diciptakan di dunia ini? Maka jawaban yang umumnya muncul adalah: 

  1. Tujuan Hidup ku adalah untuk Sukses atau
  2. Tujuan Hidup ku adalah untuk membahagiakan orang tua, orang yang saya cintai dan lain sebagainya, atau ada juga yang menjawab
  3. Tujuan Hidup ku adalah menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain.

Oke, apakah ada yang salah dengan jawaban di atas? Tentu jawabannya tidak salah. Namun terlalu umum dan tidak spesifik. Bukan kah Tuhan menciptakan kita dengan begitu "Spesifik" hingga saudara kembar sekalipun TIDAK MUNGKIN memiliki kesamaan total. 

Jika Tuhan menciptakan kita dengan begitu "spesifik", tentu tujuan kita hidup di dunia ini pun pastinya spesifik dan sangat terperinci. Berikut adalah 7 Tujuan Hidup kita sebagai Manusia atau mengapa Tuhan mengutus kita ke Bumi ini:

1. Ibadah

Ini adalah tujuan utama dan paling pertama mengapa Tuhan mengutus dan menciptakan kita di muka Bumi ini. kita harus mengabdikan diri seutuhnya dalam Ibadah kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. 

Ibadah dalam artian yang sesungguhnya dengan syarat dan ketentuan yang sudah di atur oleh agama. Ingat, tanpa melakukan tujuan utama ini, maka hidup PASTI TIDAK AKAN SEMPURNA. Karena ini adalah yang paling utama dari alasan mengapa manusia diciptakan.

2. Bekerja

Tujuan selanjutnya dalam misi kehidupan kita di dunia ternyata adalah untuk bekerja. Setelah kita beribadah dengan maksimal, maka bekerja pun harus kita lakukan dengan maksimal. 

Itulah mengapa Tuhan sangat tidak menyukai orang yang tidak bekerja dan bermalas-malasan, karena itu berarti dia sudah "mengingkari" tujuan hidup nya atau tujuan penciptaannya dalam hidup ini.

3. Belajar 

Selanjutnya, tujuan hidup manusia dalam kehidupan ini adalah untuk belajar. bukan hanya belajar secara formal, namun juga belajar secara informal. belajar adalah proses yang sejatinya tidak mengenal kata berhenti. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline