Lihat ke Halaman Asli

Tips Pengembangan Perangkat Lunak

Diperbarui: 21 Maret 2017   12:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

oleh : Surya Afnarius

Prodi Sistem Informasi, Universitas Andalas

Michael Cusumano memberikan beberapa tip  pengembangan perangkat lunak yang efektif berdasarkan pengalaman risetnya selama 17 tahun (Hogan, 2003). Tip itu dapat dilihat pada tabel 1.

Tabel 1 : Tip pengembangan perangkat lunak (Cusumano dlm Hogan, 2003)

No
Tip :
Keterangan
1.
Buat tim yang besar bekerja seperti tim yang kecil
Pecahkan suatu proyek besar ke dalam beberapa modul dan tempatkan tidak lebih daripada tiga-delapan orang pada masing-masing regu
2.
Letakkan pemimpin yang kuat yang bertanggung jawab pada keseluruhan proyek
Orang ini harus mempunyai visi untuk membawa regu yang lebih kecil bersama-sama sebagai satu unit
3.
Ambil pendekatan yang kaku untuk aturan regu
Sebagai contoh, "builds” harus disampaikan kepada pemimpin proyek setiap hari
4.
Sering gunakan kembali komponen perangkat lunak, tapi jangan berlebihan
Cusumano merekomendasikan penggunaan kembali komponen tidak lebih daripada 10% - 20% komponen
5.
Reaksi terhadap perubahan pasar tanpa mengorbankan rencana masa depan
Rencanakan untuk kembangkan aplikasi dua-tiga tahun ke depan melalui suatu strategi banyak rilis
6.
Rencanakan arsitektur perangkat lunak anda secara bertahap
Jika kamu cepat-cepat membangun arsitektur perangkat lunakmu, kamu akan mendapatkan spageti
7.
Bagi proyek-proyek besar menjadi proyek kecil-kecil
Waktu jatuh tempo menjadi realistis
8.
Buat Insinyur perangkat lunak dapat dipertanggungjawab kan
Dapatkan jadwalkan pekerjaan mereka dan kemudian awasi ketelitian mereka dalam menemui tujuan. Susun semua hasil data historis untuk membantu ketepatan waktu proyek secara keseluruhan
9.
Bangun prosedur pengendalian mutu
Mutu harus berada pada suatu jalur yang berkesinambungan, tidak hanya pada ujung suatu proyek
10.
Otomatisasikan proses pengujian kualitas
Tetapi tugaskan seseorang untuk secara teratur memperbaharui matrik pengujian
11.
Do a post-mortem
Ini memberi seluruh tim pengembangan satu ide yang bagus tentang apa yang benar dan apa yang salah sehingga dimasa depan proyek lebih efektif




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline