Lihat ke Halaman Asli

Supli Rahim

Pemerhati humaniora dan lingkungan

Ujian Kesetiaan kepada NKRI

Diperbarui: 28 Juni 2020   20:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Bismillah,

Alhamdulillah, Allahumma shaliala Muhammad. Dalam kondisi hiruk pikuk di mana para ulama dan ormas islam bersatu dari Sabang sampai Merauke, saya mengajak merenung sejenak tentang kesetiaaan. Pertanyaan yang jadi renungan saya dan tentu mengajak pembaca semua adalah siapa saja yang setia kepada dasar negara, Panca Sila? 

Lagu Garuda Pancasila

Sejak kecil saya paling hobi nyanyi Garuda Pancasila sebagai lagu yang dibawakan pada waktu ulangan kesenian. Karena tidak ada jiwa seni yang lebih kecuali hanya hafal lagu Garuda Panca Sila, maka tidak heran jika nilai Mata Pelajaran kesenian itu hanyalah 6 atau paling tinggi 7. Padahal mata pelajaran lain ada yang 8 dan pernah juga dapat angka 9. 

Sejak adanya usulan inisiatif DPRD tentang RUU Haluan Ideologi Pancasila maka seluruh elemen bangsa sedang diuji kesetiaannya. 

Berikut adalah potret siapa sesuangguhnya pelaku yang mengusulkan RUU tersebut.

infosbmptn

Kabardini.com

Pdip.org

Dari situ sangat jelas bahwa jika selama ini banyak pihak yang mengklaim paling pancasilais, maka tulisan ini sudah membuktikan bahwa ada pihak yang secara sadar atau tidak telah berupaya untuk memeras Pancasila menjadi trisila. Dari Trisila akan diperas lagi menjadi eka sila. Pihak yang bwrwajib tahu siapa yang harus diminta pertanggungjawaban ataa tindakanmakar tersebut. 

Keadaan ini adalah ujian siapa yang peling setia dengan NKRI, dengan Pabcasila. Sejarah akan mencatat siapa dan apa sipak terjang kita. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline