Lihat ke Halaman Asli

Lebih Kreatif dengan Menekankan Makna

Diperbarui: 2 Agustus 2018   16:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi: HidayahArt

Mengapa manusia berperilaku kreatif? Motivasinya bermacam-macam, namun ada satu yang mendalam, yaitu dorongan untuk mencari makna bagi kehidupannya. 

Ia bertindak menyimpang dari kelaziman, berani melakukan sesuatu yang tidak populer, menempuh risiko - ini semua digerakkan oleh satu nilai kehidupan yang diyakininya. Melalui tindakan kreatif nilai itu diwujudkannya, tercetus keluar.

Di dalam lubuk hati orang kreatif sebenarnya terkandung sedikit atau banyak unsur-unsur idealistik. Kalau kreasinya ternyata kemudian membawa keuntungan, material atau sosial, tidaklah selalu bahwa pada awalnya pencarian keuntungan itu yang menjadi motif utamanya. 

Kita dapat menyiratkan kenyataan ini dalam kata-kata falsafah sebagai berikut: dalam cetusan kreativitas terpantullah kemuliaan manusia, karena pada momen-momen tersebut ia tidak mempersoalkan apa yang menguntungkan atau tidak menguntungkan dirinya. Pertimbangan tersebut untuk sementara disisihkan oleh sinar-sinar rahasia dari lubuk hatinya.

Kalau penghayatan semacam itu dibawa ke taraf tindakan yang lebih bersifat sehari-hari, mungkin kita akan mengenalnya dalam ungkapan cara yang lebih berseni. Renungkanlah sejenak. 

Kalau kita sebenarnya cukup untuk menyajikan suatu pesan dengan tulisan dan huruf-huruf cetak saja, mengapa kita merasa tergerak untuk menghiasnya dengan gambar, foto, atau sentuhan artistik lain, sehingga pesan itu tampak lebih berseni? 

Melalui upaya memperkaya penyajian itu sebenarnya kita ingin menekankan suatu makna (dalam hal ini mungkin makna hidup bersama). Namun dalam ikhtiar untuk menekankan makna tersebut, lahirlah suatu bentuk yang lebih kreatif dari biasa, suatu denyut pembaruan yang spontan, tanpa pamrih.

Kasus tersebut di atas dapat kita jadikan tumpuan dalam pemecahan masalah. Setiap kalai kita mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri: "Baik, inilah cara pemecahan yang tampaknya paling langsung dan gamblang. Tetapi sebentar kutunda. 

Tidak adakah cara lain yang lebih berseni, lebih manusiawi, lebih mencitrakan diri pribadiku?" Inilah pertanyaan yang mungkin bisa membawa dimensi baru dalam pemecahan masalah, atau mengundang kreativitas. Dalam buku-buku tentang desain, kita jumpai istilah elegant solution (pemecahan yang elegan - kena tetapi juga sekaligus indah), yang sejalan dengan prinsip tersebut di atas.

Sebagai ilustrasi sederhana kita dapat mengambil bidang keamanan dan ketertiban. Ketika sedang berlangsung shooting sebuah film, bagaimanakah caranya untuk mencegah gangguan yang mungkin timbul dari kerumunan manusia yang menonton? 

Kita dapat memakai pola kamtib yang kaku dan keras. Ini sudah biasa. Tetapi kalau kita memikirkan cara yang lebih berseni, perhatian dari kerumunan manusia tersebut dapat dialihkan melalui atraksi lain. Dapat dilibatkan seorang pelawak, artis, atau bintang film, atau tokoh penghibur lain, dan melalui mereka diberikan layanan yang simpatik bagi kerumunan massa tersebut. Ini pun merupakan bentuk promosi tidak resmi bagi film yang sedang dibuat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline