Lihat ke Halaman Asli

Soni Herdiansyah

Mahasiswa_Pendidikan IPS_Universitas Pendidikan Indonesia

Ramainya Alun-alun Kota Bandung di Puncak Liburan Idul Fitri 1440 H

Diperbarui: 9 Juni 2019   20:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suasana Alun-Alun Kota Bandung yang sedang ramai pengunjung.

Hari ini adalah hari Minggu yang sangat cerah, tepat dipuncak libur lebaran (09/06/19) Alun-Alun Kota Bandung nampak ramai dikunjungi wisatawan. 

Sekitar pukul 09:30 WIB, penulis mengamati, sepanjang jalan Asia-Afrika terjadi kemacetan ditambah dengan warga masyarakat yang berlalu-lalang dibahu jalan. Petugas keamanan kota atau Satpol PP dengan gagah siap sedia menjaga keamanan dan ketertiban disana.

Banyak wisatawan yang memanfaatkan waktu liburan dengan piknik di Bandung.  Rumput sintetis yang berada tepat di halaman Masjid Raya Bandung, bak seperti alas tikar yang telah digelarkan. Ada yang sekedar duduk-duduk dengan sanak saudara, ada anak-anak yang ceria bermain bola, meniup gelembung, bermain pesawat terbang, dan banyak pula wisatawan yang memanfaatkan beberapa spot untuk selfie dan foto mengabadikan moment bersama keluarga.

Pengunjung juga bisa menikmati transportasi wisata, seperti delman, BANDROS (Bandung Tour On Bus), Becak, dan sepeda sewa atau hanya sekedar menunggu Bus Kota (DAMRI) di halte. Ramainya Alun-Alun Kota Bandung ini pun, juga ditambah dengan hadirnya pameran yang menyediakan berbagai wahana permainan seperti : komedi putar, roller coaster, di sebelah timur Jl. Alun-Alun Timur. 

Pengunjung juga bisa mengunjungi Museum Asia-Afrika dan berfoto bersama para costplay super hero, ada transformers, hantu, dan tokoh animasi lainnya, di dekat Gedung Merdeka.

Bila cuaca mulai terik, para pengunjung tersebut ada yang menepi ke tempat yang sejuk, biasanya di selasar Masjid Raya Bandung. Kemudian, bila kumandang adzan telah tiba, para pengunjung bisa langsung bergegas melaksanakan sholat berjamaah.

Di Alun-Alun, sesekali terdengar suara dari speaker petugas untuk memberitahukan kepada pengunjung agar tidak membuang sampah di rumput sintetis bahkan makan minum, sampai berjualanpun dilarang, semua diatur demi kenyamanan, kebersihan, dan keasrian Alun-Alun Kota Bandung. 

Didukung oleh tempatnya yang strategis, dekat dengan pusat perbelanjaan, dan rekreasi. Alun-Alun Kota Bandung menjadi primadona wisatawanan khususnya untuk masyarakat Kota Kembang.

Lokasi : Jl. Asia-Afrika dan Alun-Alun Kota Bandung.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline