Lihat ke Halaman Asli

Sofia Risnanda Habib

Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Branding Kemasan Batik Khas Desa Sumberagung, Ngantang

Diperbarui: 23 Juli 2022   21:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyerahan Kemasan Batik. Dokpri

Kab. Malang -- KKN UM Desa Sumberagung, Kemasan termasuk bagian terpenting dari suatu produk dalam upaya branding.  Kemasan merupakan wadah yang dapat meningkatkan nilai dan fungsi sebuah produk. 

Kemasan yang dipilih harus disesuaikan dengan isi produk serta memperhatikan nilai estetika.

Sebagai tindak lanjut program kerja Mahasiwa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan Program terkait branding kemasan batik Ngantang Agung di Desa Sumberagung. 

Tujuan dari program ini yaitu agar kelompok batik khususnya di Desa Sumberagung dapat memperhatikan pengemasan yang baik dan layak untuk suatu produk. 

Selain itu, kemasan produk yang menarik juga dapat meningkatkan daya minat konsumen untuk membeli sebuah produk. Branding kemasan juga dapat dijadikan sebagai pilar untuk memperluas pemasaran produk dan meningkatkan usaha khususnya di Kelompok Batik Ngantang Agung.

Adapun bahan kemasan yang dipilih dalam upaya branding kemasan batik khas Sumberagung yaitu terbuat dari bahan mika PVC yang tahan air dan lembab guna mencegah kain batik terkena air, kotoran, dan bau menyengat. 

Desain kemasan yang dipilih juga memperlihatkan visual kain batik Sumberagung secara langsung dan terkesan elegan dan minimalis. 

Pada tanggal 19 Juli 2022, mahasiswa KKN Desa Sumberagung menyerahkan kemasan sebanyak 50 kemasan kepada Bu Mujiati selaku Ketua PKK Desa Sumberagung. 

Beliau menyampaikan rasa terimakasihnya dan memberikan tanggapan positif dan puas akan kemasan yang kami berikan kepada beliau.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline