Lihat ke Halaman Asli

Keterampilan Proses IPA, yuk Kita Cari Tahu........

Diperbarui: 26 Juni 2015   12:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Ilmu Pengetahuan Alam dan teknologi secara global telah mengalami berbagai perkembangan. Hal ini dapat dilihat dan dirasakan dalam kehidupan sehari-hari yang terjadi dilingkungan kita. Pada dasarnya ilmu pengetahuan alam atau sering kita dengar SAINS bertujuan untuk menyiapkan peserta didik agar tanggap menghadapi lingkunganya, karena dengan belajar sains siswa dapat belajar memahami fenomena-fenomena alam yang terjadi dilingkunganya.

Belajar IPA bukan hanya sekedar menghafalkan konsep dan prinsip IPA melainkan, dengan pembelajaran IPA diharapkan siswa dapat memiliki sikap dan kemampuan yang berguna bagi dirinya dalam mengalami perubahan yang terjadi dilingkunganya.

Seorang guru hendaknya memandang pembelajaran IPA tidak hanya menekan pada hasil saja, melainkan juga menekankan pada proses untuk memahami proses dan konsep tersebut, sehingga dapat membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar. Jika guru dalam mengajarkan konsep IPA lebih menekankan pada proses dimana siswa mengkonstruksikan pengetahuanya sendiri untuk memahami masalah atau objek yang diamati, dapat membawa dampak yang positif bagi kemajuan belajar siswa yang berorientasi pada peningkatan hasil dan prestasi belajar siswa.

Guru perlu merancang dan melaksanakan suatu pembelajaran yang memungkinkan siswa mengkonstruksikan pemikiranya sendiri untuk menemukan konsep dan prinsip IPA tersebut serta mengetahui untuk aa konsep tersebut dipelajari. Dengan memberikan kesempatan kepada siswa mengkonstruksikan pemikiranya sendiri, siswa dapat belajar lebih aktif, kreatif, menumbuhkan ksan bermakna dan menarik bagi siswa, sehingga hasil belajar yang diharapkan dalam pembelajaran IPA dapat tercapai.

Pendekatan pembelajaran IPA yang dapat digunakan dalam meningkatkan pemahaman siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami konsep dan prinsip IPA di sekolah dasar adalah menggunakan "PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES". Sebagaimana Semiawan (1992) mengemukakan bahwa pada hakikatnya Pendekatan Keterampilan Proses adalah suatu pengelolaan kegiatan belajar mengajar yang berfokus pada pelibatan siswa secara aktif dan kreatif alam proses pemerolehan hasil belajar. Oleh karena itu kita sebagai guru yang muda harus dapat menerapkan pendekatan ketermpilan proses IPA di sekolah dasar demi meningkatkan hasil belajar siswa dan mutu pendidikan khususnya pada mapel IPA.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline