Lihat ke Halaman Asli

Siska Aningdiyah

Orang yang hobi menyuarakan pikiran, pendapat, dan uneg-uneg melalui sebuah tulisan

[#NgopiNi] Terganggukah Mentalku?

Diperbarui: 9 Desember 2019   08:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Dewasa ini topik kesehatan mental masih gencar dibicarakan. Hal ini berawal dari tayangnya film Joker yang mengandung kisah mengenai mental illness yang diidap oleh pemeran joker itu sendiri. Sudah banyak artikel yang membahas mengenai mental illness, baik dari pengertiannya, jenis-jenisnya, hingga ciri-ciri serta dampaknya. 

Pentingkah kesehatan mental itu? Jawabannya sangat penting. Tak hanya kesehatan fisik yang penting namun mental pun  tak kalah pentingnya. Kesehatan fisik dan mental merupakan satu kesatuan yang harus tetap terjaga untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Jika terdapat salah satunya tidak beres dalam artian terganggu kesehatannya, alhasil kehidupan kita sehari-hari pun ikut terganggu. 

Untuk itu saya mengatakan bahwa peran psikolog sangatlah penting untuk membantuk seseorang keluar dari masalah yang mengancam mentalnya. Namun, sayangnya yang berkembang di masyarakat kita adalah anggapan bahwa seseorang yang datang ke psikolog itu orang yang mengalami gangguan jiwa dalam tanda kutip gila. Itulah yang membuat orang enggan untuk berkonsultasi terutamanya ke psikolog karena ia tak mau dikira gila oleh orang di sekitarnya. Padahal itu salah, tidak semua orang yang datang ke psikolog itu orang yang gila. 

Terkadang orang-orang menganggap bahwa masalah yang mengancam mentalnya itu hal yang sepele. Contoh saja ketika kita mengalami hal-hal yang tidak mengenakan dalam kehidupan kita baik secara langsung ataupun tidak langsung, seperti halnya bullying, mendapatkan kritik yang tidak membangun, olokan dari mana-mana, mengalami suatu kegagalan yang membuat kita stress, kita memendam masalah dan enggan membicarakan kepada orang lain. Itulah beberapa hal yang kadang kita anggap sepele dan pasti dapat kita lalui, namun tanpa kita sadari hal tersebut memiliki dampak bagi kesehatan mental kita.

Dan jika kalian merasa kalian pernah melakukan hal tersebut kepada orang lain, tolonglah berhenti, itu akan membahayakan mereka. Dan teruntuk kalian yang menganggap apabila kondisi seseorang baik-baik saja, selalu bahagia, atau memiliki kehidupan yang sempurna, belum tentu juga mereka mengalami layaknya apa yang kalian pikirkan terhadapnya. Mungkin ia hanya mengekspos kebahagiaannya tanpa memperlihatkan kesulitan dia. Untuk melakukan hal tersebut tidak mudah, mengapa?

Mungkin saja tanpa mereka sadari itu akan sedikit mengganggu kesehatan mental mereka karena mindset mereka adalah mereka harus terlihat bahagia di depan orang lain, alhasil ia akan sulit untuk menjadi diri mereka sendiri, dan itu akan berangsur-angsur terjadi. Mungkin saja mereka pernah mengalami trauma yang tak ingin orang lain ketahui dan tak ingin orang lain turut merasakannya, cukup dia saja. Itu juga merupakan salah satu penyebab dari mental illness. 

Sebagai penutup, sekali lagi saya katakan bahwa kesehatan mental itu sangatlah penting demi menunjang kelancaran hidup kita sendiri. Buatlah diri kalian merasa enjoy dalam menjalani kehidupan. Apabila ada masalah, kalian tak perlu memendamnya sendiri, kalian bisa berkonsultasi dengan orang yang dapat kalian percaya, dengan orang yang akan membuat kalian lebih merasa baikan dengan saran-saran yang mereka berikan, atau dapat datang ke psikolog. Kalau pun kalian takut untuk datang ke psikolog, toh sekarang telah ada tempat berkonsultasi mengenai kesehatan mulai dari fisik sampai mental secara online dan itu gratis, contohnya halodoc, klikdokter, pijarpsikologi, dan pastinya masih banyak lagi, jadi jangan sia-siakan kesempatan kalian untuk berkonsultasi. Sekian pendapat yang bisa saya sampaikan, salam sehat untuk hidup yang lebih sehat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline