Lihat ke Halaman Asli

Sabbihisma Dewi

Freelancer

Berkenalan dengan Ekonometrika

Diperbarui: 14 September 2017   22:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi

Hallo... Ekonometrika!

Sekilas Ekonometrika seperti gabungan kata Ekonomi, Matematika dan Statistika. Namun dalam 'metrika', 'r'-nya kemana? Tadinya saya kira begitu namun ternyata setelah saya cek didalam situs Academia.edu ,Ekonometrika gabungan dari dua kata yaitu Ekonomi dan Metrika.

Seperti yang kita ketahui ekonomi adalah ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang bervariasi dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi, konsumsi dan atau distribusi. Nah, sedangkan metrika adalah pengukuran. Sehingga jika keduanya digabungkan maka ekonometrika dapat diartikan sebagai suatu pengukuran kegiatan-kegiatan ekonomi.

Lalu apa pentingnya EKONOMETRIKA? Kenapa menjadi ilmu tersendiri?

"Selalu ada pengangguran didalam negara, lalu apakah yang mengganggur akan tetap menganggur? Tingkat pengangguran yang tinggi akankah menurun?"

Atau

"Beberapa negara miskin dan tetap miskin. Orang-orang miskin didalam suatu negara dan tetap miskin?

Dan banyak lagi permasalahan yang ada didunia. MENGAPA? Dan bagaimana mengatasinya?

THE ANSWER IS DATA.

Tanpa data orang jenius sekali pun akan dianggap omong kosong belaka. Seorang ahli data bernama W. Edwards Deming mengatakan "Without data you're just another person with an opinion". Yaa benar saja tanpa data, apa yang kamu sampaikan hanya akan dianggap sebagai opini-mu saja. 

Teori Ekonomi yang sering kita pelajari (khususnya bagi mahasiswa Ekonomi) sering sekali berupa hipotesis dan pernyataan yang bersifat kualitatif. Sekalipun bersifat kuantitatif, matematika ekonomi hanya mengekspresikannya secara matematis namun tidak memperhatikan keterukuran ataupun data yang empiris. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline