Lihat ke Halaman Asli

shafira damayanti

Belum diubah

Communicating is One of the Keys to a Company's Success

Diperbarui: 7 Agustus 2021   15:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang "Communicating is One of the Keys to a Company's Success" Pernahkah Anda memiliki supervisor atau instruktur yang keterampilan komunikasinya sangat buruk sehingga Anda tidak tahu apa yang diharapkan dari Anda atau bagaimana menyelesaikan pekerjaan yang diminta untuk Anda lakukan? Di sisi lain, pernahkah Anda mengalami bakat komunikasi seorang guru, bos, atau pelatih yang "melukis gambar dengan kata-kata" yang menginspirasi Anda sekaligus memperjelas cara mencapai suatu tujuan?

Kepemimpinan berarti berkomunikasi dengan orang lain sedemikian rupa sehingga mereka dipengaruhi dan termotivasi untuk melakukan tindakan yang memajukan tujuan bersama dan mengarah pada hasil yang diinginkan. Komunikasi adalah proses dimana informasi dan pemahaman ditransfer antara pengirim dan penerima, seperti antara pemimpin dan karyawan, instruktur dan siswa, atau pelatih dan pemain sepak bola.

Pengirim (seperti pemimpin) memulai komunikasi dengan menyandikan pemikiran atau ide, yaitu dengan memilih simbol (seperti kata-kata) yang dapat digunakan untuk menyusun dan mengirimkan pesan. Pesan adalah formulasi nyata dari pemikiran atau ide yang dikirim ke penerima, dan saluran adalah media dimana pesan dikirim. Saluran tersebut dapat berupa laporan formal, blog, panggilan telepon, email atau pesan teks, atau percakapan tatap muka. Penerima menerjemahkan simbol-simbol untuk menafsirkan makna pesan. 

Encoding dan decoding kadang-kadang dapat menyebabkan kesalahan komunikasi karena perbedaan individu, pengetahuan, nilai, sikap, dan latar belakang bertindak sebagai filter dan dapat menciptakan "kebisingan" ketika menerjemahkan dari simbol ke makna. Orang dapat dengan mudah salah mengartikan pesan. Umpan balik adalah elemen dari proses komunikasi yang memungkinkan seseorang untuk menentukan apakah penerima menafsirkan pesan dengan benar. Umpan balik terjadi ketika penerima menanggapi komunikasi pemimpin dengan pesan balasan. Tanpa umpan balik, siklus komunikasi tidak lengkap.

Komunikasi yang efektif melibatkan pemindahan dan saling pengertian informasi, sifat komunikasi yang efektif adalah siklus, di mana pengirim dan penerima dapat bertukar pesan beberapa kali untuk mencapai saling pengertian. Proses pengiriman, penerimaan, dan umpan balik yang berkelanjutan untuk menguji pemahaman mendasari komunikasi manajemen dan kepemimpinan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline