Lihat ke Halaman Asli

Selvi WildatulHamidah

saya berstatus pelajar atau mahasiswa di Universitas KH. Achmad Siddiq Jember Fakultas Ekonomi dan Bisnis islam Program Studi Ekonomi Syariah

Pengaruh Label Halal pada Produk Makanan Korea terhadap Keputusan Pembelian Konsumen

Diperbarui: 21 Desember 2022   17:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

ABSTRAK

Pada penelitian ini penulis akan  membahas mengenai pengaruh dari label halal yang terdapat pada produk makanan Korea terhadapa keputusan pemebelian konsumen. 

Produk makanan Korea  sudah sangat terkenal dikalangan masyarakat Indonesia khususnya para remaja. Tingginya  minat konsumen pada produk makanan Korea membuat para produsen banyak menawarkan berbagai produk makanan Korea. Namun persentase produk makanan Korea paling sedikit mendapatkan sertifikasi halal dibandingkan produk makanan yang berasal dari Cina dan Jepang. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh label halal pada produk makanan Korea terhadap keputusan pembelian konsumen dan kesadaran konsumen akan label halal pada produk makanan Korea. 

Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian campuran. Hasil penelitian menunjukkan konsumen dalam membeli produk makanan Korea memperhatikan label halal pada produk makanan Korea tersebut dan label halal memilki pengaruh dalam keputusan pembelian konsumen pada produk makanan Korea, dikarenakan produk makanan ini berasal dari luar negeri yaitu Korea Selatan yang memiliki mayoritas penduduk non muslim ditakutkan adanya bahan yang tidak halal dalam produk makanan tersebut. 

 

  • Kata Kunci : Label Halal, Produk makanan Korea, Konsumen. 

ABSTRACT

In this research, the writer will discuss the influence of the halal label found on Korean food products on consumer purchasing decisions. Korean food products are very well known among Indonesian people, especially teenagers. The high interest of consumers in Korean food products has made many manufacturers offer a variety of Korean food products. However, the percentage of Korean food products at least obtains halal certification compared to food products originating from China and Japan. This study aims to determine the effect of the halal label on Korean food products on consumer purchasing decisions and consumer awareness of the halal label on Korean food products. The research method used is mixed research methods. The results showed that consumers in buying Korean food products pay attention to the halal label on these Korean food products and the halal label has an influence on consumer purchasing decisions on Korean food products, because these food products come from abroad, namely South Korea, which has a majority of the non-Muslim population. non-halal ingredients in the food product.

Keywords : Halal label, Korean food products, consumers.

PENDAHULUAN

Budaya Korea masuk ke Indonesia baik melalui drama, k-pop, film, fashion, make-up, game, bahasa bahkan kuliner, dan telah menjadi trend yang disebut dengan istilah Korean Wave (gelombang Korea).[1] Hal ini menjadi sebuah fenomena yang sangat berdampak pada kehidupan berbudaya masyarakat Indonesia, bahkan pada selera kuliner masyarakat Indonesia khususnya para remaja. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline