Lihat ke Halaman Asli

Selly Mauren

Penulis lepas

Orang Jepang Susah Bilang "Aishiteru" Bukan Berarti Tak Sayang!

Diperbarui: 14 November 2023   23:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by Satoshi Hirayama: https://www.pexels.com/photo/three-geisha-walking-between-buildings-1325837/ 

Jepang terkenal sebagai negara yang paling dimianti untuk berwisata. Mulai dari keindahan alam, budaya, hingga karakter masyarakat yang membuat pendatang nyaman menetap di Jepang. 

Negara bunga sakura tersebut dikenal dengan karya fiksinya yaitu anime berbagai genre dengan tetap mengusung kebudayaan Jepang. Anime berhasil menyita perhatian global dengan sinematografinya yang memukau dan merepresentasikan negara Jepang. 

Satu hal mengenai Jepang yang tidak habis dibahas adalah karakter masyarakatnya. Seperti menjaga kebersihan lingkungan, ketepatan waktu, dan profesionalitas kerja adalah beberapa contohnya. Bahkan antrian saat menonton konser pun sangat rapi dan teratur. Ketika konser dimulai, semua penonton menaati peraturan tidak merekam atau menanggung konsekuensi smartphone/kamera disita oleh staf keamanan. 

Photo by Thắng Văn: https://www.pexels.com/photo/people-wearing-kimonos-7393276/ 

Namun, tahukah kompasianer bahwa di Jepang ternyata sulit mendengar ungkapan I Love You atau Aishiteru?

Jika kompasianer menonton anime, ungkapan Aishiteru sangat jarang ditemukan. Sebagai gantinya, percakapan untuk mengekspresikan perasaan cinta menggunakan daisuki (suka). Kenapa ya? 

Dilansir dari artikel yang ditulis oleh Yuko Tamura (baca disini) terdapat beberapa alasan yang bisa saya rangkum sebagai berikut :

1. Value dari kata Ai (Cinta)

Jika di Indonesia menuntut kata cinta dari pasangan adalah hal yang wajib, ternyata tidak begitu bagi orang Jepang. Menurut mereka, terlalu sering mengucapkan kata cinta akan menghilangkan arti dari cinta itu sendiri.

Mereka menganggap penggunaan kata cinta bermakna mengabdikan hidup sepenuhnya terhadap sesuatu atau seseorang. Bisa kompasianer bayangkan ketika seseorang mengatakan Aishiteru berarti level komitmennya sudah tidak main-main. 

Sebagai gantinya, untuk mengekspresikan bahasa cinta seringnya mereka menggunakan kata kiasan seperti "bulan malam ini indah". Bahkan untuk melamar pasangan hidup menggunakan kalimat "maukah kamu memasak sup miso untuk saya setiap hari?". 

2. Tindakan lebih bernilai daripada perkataan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline