Lihat ke Halaman Asli

Enam Buah yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Diperbarui: 25 Juni 2015   22:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Buah adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan gizi, vitamin dan mineral yang pada umumnya sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Dibandingkan dengan suplemen obat-obatan kimia yang dijual di toko-toko, buah jauh lebih aman tanpa efek samping yang berbahaya serta dari sisi harga umumnya jauh lebih murah dibanding suplemen yang memiliki fungsi yang sama.

Buah juga merupakan salah satu suplemen makanan yang juga setara dengan kebaikan manfaat sayur-sayuran. Ini merupakan pilihan alternatif bagi mereka yang tidak suka mengkonsumsi Sayuran, sehingga kebaikan dan kebutuhan gizi tubuh tidak kurang.

Inner akan mencoba menjelaskan 6 Buah yang menjadi favorit untuk dikonsumsi oleh khalayak luas. Buah-buahan yang akan diulas juga merupakan buah yang memiliki kandungan gizi paling banyak dan muda didapat dipasaran. Berikut ulasan dari Inner, Yuk disimak semoga bermanfaat..



  1. BUAH TOMAT

Tomat, baik dalam bentuk segar maupun olahan, memiliki komposisi zat gizi yang cukup lengkap dan baik. Buah tomat terdiri dari 5-10 persen berat kering tanpa air dan 1 persen kulit dan biji. Jika buah tomat dikeringkan, sekitar 50 persen dari berat keringnya terdiri dari gula-gula pereduksi (terutama glukosa dan fruktosa), sisanya asam-asam organik, mineral, pigmen, vitamin, dan lipid.

Tomat dapat digolongkan sebagai sumber vitamin C yang sangat baik (excellent) karena 100 gram tomat memenuhi 20 persen atau lebih dari kebutuhan vitamin C sehari. Vitamin C memelihara kesehatan gigi dan gusi, mempercepat sembuhnya luka-luka, mencegah penyakit scurvy (skorbut), serta menghindarkan terjadinya perdarahan pembuluh darah halus.



  1. Buah Pepaya

Kita semua Pasti semua sudah tahu buah papaya atau bisa juga disebut Kates. Buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang diincar karena manfaat dan kandungan papaya yang mempunyai nilai guna tinggi. Pepaya merupakan sumber yang kaya nutrisi antioksidan, mineral dan serat.

Pepaya dan segala bagiannya mengandung papain,yaitu enzim yang membantu mencerna protein. Enzim ini, digunakan untuk mengobati cedera olahraga, penyebab lain trauma, dan alergi, terutama terkonsentrasi di buah papaya mentah mentah. Papain diekstrak untuk membuat suplemen enzim pencernaan makanan dan dapat pula digunakan sebagai bahan dalam beberapa permen karet.



  1. Buah Pisang

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline