Lihat ke Halaman Asli

Mengapa Komunikasi dalam Bisnis Sangat Penting?

Diperbarui: 21 Desember 2022   18:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Komunikasi adalah interaksi antar individu dengan individu yang lainnya guna mendapatkan informasi. Komunikasi tidak bisa dihilangkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai makhluk sosial. Komunikasi dapat membangun hubungan yang baik dengan pihak lain. Dan, Bisnis adalah suatu kegiatan menawarkan atau meperjualbelikan produk dengan tujuan untuk memperoleh laba/keuntungan.

Dalam bisnis, komunikasi menjadi pengaruh yang sangat penting dan kunci keberahasilan dalam bisnis untuk mencapai kesepakatan bersama. Komunikasi dalam bisnis ini sebagai pertukaran informasi berupa pesan ataupun gagasan mengenai usahanya kepada pihak lain. 

Beberapa ahli memiliki pendapat mengenai pengertian komunikasi bisnis yaitu : 

- Purwanto  menjelaskan pengertian komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis, baik verbal ataupun nonverbal guna mencapai tujuan tertentu.

- Katz mengutarakan pengertian komunikasi bisnis adalah pertukaran ide, pesan, dan konsep untuk mencapai tujuan komersil.

- Rosenbaltt mendefinisikan pengertian komunikasi bisnis adalahpertukaran ide opini, informasi, instruksi, dan sejenisnya yang dikemukakan secara personal atau tidak melalui simbol untuk encapai tujuan perusahaan.

Berikut adalah fungsi dan tujuan komunikasi dalam bisnis yaitu :

1. Memberikan informasi yang dibutuhkan

2. Terbentuknya kolaborasi dengan pihak lain 

3. Melakukan integrasi dengan pihak lain 

Adapun cara agar komunikasi dalam bisnis dapat berjalan efektif yaitu : 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline