Lihat ke Halaman Asli

Strategi Pemasaran

Diperbarui: 25 Maret 2024   03:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

1. Secara umum, strategi pemasaran produk dan jasa memiliki kesamaan dalam hal mencapai tujuan utama pemasaran, yaitu meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis. Namun, terdapat juga perbedaan dalam cara melakukan pemasaran kedua entitas tersebut.

Untuk produk, strategi pemasaran cenderung lebih fokus pada fitur dan keunggulan produk itu sendiri, dengan memperkenalkan fitur produk dan bagaimana produk dapat membantu pelanggan memenuhi kebutuhan mereka. Sedangkan, dalam pemasaran jasa, fokus lebih pada cara menyederhanakan proses bisnis bagi pelanggan dan memperjelas nilai yang dihasilkan oleh jasa tersebut.

Oleh karena itu, meskipun terdapat kesamaan dalam konteks tujuan pemasaran, strategi yang digunakan untuk mempromosikan produk dan jasa cenderung berbeda. Namun, dalam upaya untuk mencapai efektivitas pemasaran yang optimal, baik strategi pemasaran produk maupun jasa harus didasarkan pada penelitian pasar yang baik dan pemahaman yang kuat terhadap sasaran pasar yang dituju.

2. pemasaran, yang juga dikenal sebagai "4P" (Product, Price, Place, Promotion), adalah konsep yang mencakup elemen-elemen penting dalam strategi pemasaran perusahaan. Bauran pemasaran bertujuan untuk membantu perusahaan merencanakan, mengkoordinasikan, dan mengintegrasikan kegiatan pemasaran mereka.

Strategi pemasaran perusahaan, di sisi lain, adalah rencana yang lebih besar yang mencakup langkah-langkah dan taktik yang diambil untuk mencapai tujuan perusahaan dalam hal pemasaran. Ini melibatkan pemilihan target pasar, pengembangan pesan pemasaran, pengaturan harga produk atau jasa, distribusi produk, dan promosi untuk mencapai target pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Bauran pemasaran memberikan kerangka kerja dalam pengembangan strategi pemasaran perusahaan. Misalnya, dalam merencanakan strategi produk, perusahaan akan mempertimbangkan fitur, manfaat, dan peningkatan produk yang relevan dengan kebutuhan pelanggan. Dalam strategi harga, perusahaan akan mempertimbangkan faktor-faktor seperti posisi harga di pasar dan profitabilitas.

Secara singkat, bauran pemasaran dan strategi pemasaran perusahaan saling terkait dan saling mempengaruhi. Bauran pemasaran menjadi sarana untuk menerapkan strategi pemasaran perusahaan dengan mengatur dan mengintegrasikan empat elemen penting dalam upaya mencapai tujuan perusahaan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline