Lihat ke Halaman Asli

Wahyuni Susilowati

TERVERIFIKASI

Penulis, Jurnalis Independen

Segera ke Dokter Jika Anak Anda Mengalami 7 Gejala Ini

Diperbarui: 27 Februari 2020   18:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Waspadai gangguan fisik pada anak yang terkesan sepele (doc.About.com Health/ed.Wahyuni)

Banyak kasus terjadi dimana beberapa gejala terkait kesehatan yang nampaknya sepele hingga cenderung diabaikan berujung dengan diagnosa yang menghantar pada perjuangan hidup dan mati. Pupil mata yang membesar, memar di bagian tertentu tubuh, atau demam pada anak-anak yang sepertinya tidak berbahaya sehingga orangtua mereka merasa sudah cukup dengan penanganan ala kadarnya di rumah termasuk dalam kasus-kasus itu.

Pada tahap tertentu, perawatan di rumah mungkin bisa dilakukan; namun ada sejumlah gejala yang bila tidak mendapatkan pertolongan medis secepatnya berpotensi sangat membahayakan buah hati anda.

Berikut adalah gejala-gejala yang, menurut para ahli kesehatan, butuh penanganan dokter segera sebagaimana dilansir dalam laman Today (27/2).

Demam tinggi

Suhu tubuh anak bisa meningkat secara cepat saat gigi mereka tumbuh atau tengah berjuang mengatasi flu.. Jika suhu tubuh sudah mendekati 390 Celcius, maka sudah waktunya orangtua membawa anak ke dokter.

"Segera ke dokter, jangan ditunda,"Kata Dr Lana Gagin, seorang dokter spesialis di Helen DeVos Children's Hospital di Grand Rapids (Michigan)," Begitu pula bila suhu tinggi anak, berapapun usianya, berlangsung sampai empat atau lima hari."

Susah bernapas

Pilek dan infeksi menyebabkan masalah pernapasan untuk anak-anak. Mereka harus berjuang untuk bernapas dengan baik saat saluran pernapasan tersumbat, hanya saja orangtua harus segera membawa anak ke dokter bila dia sudah mulai sesak napas dan sangat susah untuk bernapas.

"Jika mereka terengah-engah dalam ritme yang kian cepat dan kian keras itu pertanda mereka harus segera diperiksa dokter." Tutur Dr Sarah Bode, Direktur medis dari Nationwide Children's Hospital.

Pupil mata membesar

Anak biasa terjatuh, bahkan berulangkali. Terkadang kepala mereka terantuk di lantai atau membentur benda keras lainnya hingga benjol dan bengkak. Orangtua mungkin bertanya-tanya apa itu sekedar benjol biasa atau ada kemungkinan gegar otak. Berikan perhatian pada pupil mata anak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline