Lihat ke Halaman Asli

Roselina Tjiptadinata

TERVERIFIKASI

Bendahara Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

Akar Batang Jadi Perabot Mewah

Diperbarui: 17 Juni 2015   11:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1423797328120360925

Akar Batang Jadi Perabot Mewah

[caption id="attachment_396592" align="aligncenter" width="560" caption="akar pohon yang sedang dijemur(doc.Roselina)"][/caption]

Kita melihat banyak sekali pohon jati ditanam diperkenbunan untuk diambil kayu yang sudah terkenal kayu jati buat perabot rumah .Banyak sekali perabot rumah terdiri dari kayu jati dan berukiran,Harganyapun mahal.

Kemudian pohon yang sudah ditebang tinggal akarnya yang selama ini ditinggal begitu saja.

Tidak tahu kapan dimulai ketika saya sadar sudah banyak orang membuat akar kayu jati menjadi perhiasan rumah yang mewah dan sangat memukau.

Di Jawa Barat,Jawa Tengah dan Jawa Timur terlihat banyak sekali akar pohon jati ini bertumpuk dilokasi pengukir untuk menunggu giliran diukir menjadi perabot yang mahal dan mempersonakan.

[caption id="attachment_396596" align="aligncenter" width="560" caption="Perajin kayu yang sedang melambaikan tangan(doc,Roselina)"]

14237982681138737606

[/caption]

Biasanya bila pohon jati sudah ditebang ,maka akarnya dibiarkan membusuk dalam tanah tampa diapa-apakan.Tapi sekarang semua pohon yang ditebang akarnya digali dan diambil kemudian dibentuk sedemikian rupah sesuai dengan aslinya .

Ketika kami berkendaraan dari Jogja menuju Kediri ditengah perjalanan kami melihat banyak sekali akar pohon ini ditumpuk diperkarangan halaman dan ternyata disana ada perajin yang sedang membersihkan akar pohon tersebut karena mau dibuat perabot.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline