Lihat ke Halaman Asli

Risnawati

Guru - SMP Negeri 9 Batam

Meningkatkan Kemampuan Kosakata atau Vocabulary Peserta Didik dalam Pembelajaran Teks Deskripsi

Diperbarui: 8 Desember 2022   13:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Meningkatkan Kemampuan Kosakata atau Vocabulary peserta didik dalam pembelajaran Teks Deskripsi melalui Penerapan Model Pembelajaran PBL dengan menggunakan Game Pelmanism Pada Kelas VIII SMP N egeri 9 Batam

Dokpri

Lokasi                             : SMP Negeri 9 Batam
Lingkup Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
Penulis                           : Risnawati, S. Pd
Tanggal                         : 10 November 2022

Berdasarkan hasil observasi yang saya lakukan, permasalahan-permasalahan yang terjadi di sekolah tempat saya bertugas terutama di kelas VIII, yaitu: Motivasi peserta didik yang masih lemah dalam pembelajaran Bahasa Inggris, kemudian kesulitan peserta didik dalam penguasaan kosakata atau vocabulary, serta proses pembelajaran dengan model inovatif yang belum diimplementasikan dengan maksimal, dan proses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi/inovasi yang masih sangat kurang.

 Permasalahan-permasalahan tersebut harus dapat diselesaikan, mengingat perkembangan teknologi yang terjadi saat ini, menuntut kita untuk dapat memiliki kemampuan adaptasi yang baik. Bahasa Inggris merupakan salah satu pelajaran yang berperan penting untuk menghadapi perkembangan zaman saat ini, karena semua teknologi dan pembaharuan di era ini menggunakan bahasa internasional yaitu Bahasa Inggris. 

Sebagai seorang guru tentunya saya berperan dan bertanggung jawab dalam menyiapkan peserta didik untuk siap dalam menghadapi zamannya di era sekarang ini. Bagaimana membekali peserta didik dengan keterampilan-keterampilan yang baik dan mempunyai kemampuan adaptif terhadap perubahan dan perkembangan teknologi.

 Salah satu yang dapat dilakukan yaitu dengan memfasilitasi peserta didik untuk dapat meningkatkan kemampuan kosakata atau vocabulary serta meningkatkan motivasi peserta didik untuk menggunakan Bahasa Inggris. Selain itu, guru berperan untuk mendesain pembelajaran yang kreatif, inovatif, menantang dan menyenangkan menggunakan model, metode, dan media pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif. Beberapa solusi konkret yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan di atas, yaitu:

 Guru seharusnya menggunaan model pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan peserta didik, agar pembelajaran berjalan secara efektif, kemudian para guru juga harus menggunakan pendekatan atau strategi yang terfokus untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengingat kosakata atau vocabulary.

Problem Based Learning (PBL) merupakan pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara langsung dalam proses pemecahan masalah dengan tahap-tahap metode ilmiah sehingga diharapkan peserta didik mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana mengatasi berbagai masalah yang terjadi di kehidupan nyata dalam upaya menciptakan suatu pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik.

Dalam menemukan metode pembelajaran yang sesuai dengan peserta didik dalam pembelajaran Descriptive Text. Terdapat beberapa tantangan yang ditemukan saat proses pembelajaran yaitu, peserta didik kesulitan menemukan kosakata yang tepat untuk menggambarkan apa yang akan mereka deskripsikan, serta siswa Kesulitan dalam menuliskan teks deskripsi yang sesuai, dan lemahnya penguasaan kosakata peserta didik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline