Lihat ke Halaman Asli

Ririn FiraTriyani

Mahasiswa Teknik Sipil Politeknik Negeri Semarang

Alat Perbudak Manusia

Diperbarui: 2 November 2022   19:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Alat Perbudak Manusia

Teknologi yang semakin maju tidak selalu berdampak positif, manusia sering kali lupa akan manfaat dari teknologi itu sendiri.  Bijak dalam menggunakan teknologi merupakan hal yang perlu diperhatikan bagi manusia di era kemajuan teknologi seperti saat ini. 

Teknologi yang seharusnya membawa manfaat justru merugikan dengan penggunaan yang kurang bijak. Sikap kurang bijak tersebut menjadikan kita yang harusnya memperbudak teknologi justru malah diperbudak olehnya. Ketergantungan kita terhadap gawai atau gadget merupakan salah satu contoh bahwa kita telah dikendalikan oleh kemajuan teknologi.

Gawai merupakan alat komunikasi modern yang banyak digunakan oleh manusia pada zaman sekarang, hampir seluruh orang di dunia memiliki gawai. 

Penggunaan gawai di zaman 1001 macam teknologi seperti sekarang ini membuat orang - orang tidak dapat terlepas dari gawai, hampir semua kegiatan manusia dipengaruhi oleh gawai. 

Kegiatan tersebut mulai dari pekerjaan sampai dengan hiburan, semua berhubungan dengan gawai. Namun, pasti timbul dalam benak kita apakah penggunaan gawai lebih banyak manfaatnya atau justru lebih merugikan kita?

Penggunaan gawai yang kurang bijak dapat menimbulkan dampak buruk bagi penggunanya, salah satunya adalah dampak bagi kesehatan. Semakin tinggi tingkat penggunaan gawai, semakin tinggi pula risiko gangguan kesehatan yang ditimbulkan. 

Menurut alodokter beberapa gangguan kesehatan yang ditimbulkan antara lain, trigger thumb (jempol menekuk), cubital tunnel syndrome, rusaknya penglihatan, hingga pengaruh buruk pada fungsi otak. Rusaknya fungsi otak ini disebabkan oleh paparan radiasi gelombang elektromagnetik yang terdapat pada gawai. 

Paparan radiasi yang menyebar pada jaringan otak menyebabkan orang menjadi pelupa dan berkurangnya daya ingat. Hal tersebut apabila terjadi terus menerus dapat menyebabkan seseorang terkena alzheimer.

Peran Gawai Bagi Pelajar

Gawai juga memiliki peran yang sangat besar di dunia pendidikan, banyak aplikasi penunjang media pembelajaran yang dapat membantu siswa jika digunakan secara maksimal. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline