Lihat ke Halaman Asli

Rio Mastri

Blogger dan pembelajar

Manfaat Menarik Media Sosial Marketing

Diperbarui: 18 Februari 2022   09:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pixabay

Facebook (Metaverse) sebagai pemilik jejaring sosial terbesar merilis laporan jumlah pengguna aktif bulanan mereka mencapai angka 2,91 miliar. Sedangkan Statista melaporkan jumlah pengguna media sosial secara keseluruhan di seluruh dunia mencapai 4,2 miliar.

Angka ini menarik perhatian para pemilik bisnis, tentunya. Apa saja manfaat menarik media sosial marketing yang wajib Anda ketahui? Mari simak penjelasan ringkasnya berikut.

1. Hemat Biaya

Bisnis tanpa modal yang bisa dijalankan saat ini adalah media sosial marketing. Bukan cuma saat memulai, media sosial marketing bahkan memungkinkan setiap pemilik bisnis meningkatkan traffic penjualan mereka tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun, kecuali untuk akses internet.

Banyak platform media sosial yang bisa Anda pilih. Facebook, Instagram, TikTok, Pinterest, Snapchat, Linkedin, dan deretan media sosial lainnya. Bagaimana cara memilih media sosial yang tepat untuk mengoptimalkan bisnis Anda? Silakan ikuti contoh singkat di bawah ini.

Untuk bisnis yang bergerak di bidang desain grafis, akan lebih baik optimal apabila Anda menggunakan platform media sosial Pinterest dan Instagram. Sedangkan apabila bisnis Anda bergerak di bidang kuliner, bisa memanfaatkan Youtube. Pun, jika Anda menggeluti bisnis Fesyen, TikTok akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan traffic penjualan.

2. Lebih Efektif

Efektivitas yang ditawarkan oleh pemasaran melalui media sosial paling menarik adalah kemampuan dalam menjangkau target pasar secara lebih spesifik. Dengan mengoptimalkan penggunaan marketing tools, Anda bisa lebih mudah dalam menjalankan kegiatan mulai dari promosi hingga pengumpulan data dan evaluasi. Tentunya kemudahan ini bisa Anda dapatkan setelah memilih paket berbayar.

Contohnya, apabila Anda menggunakan platform Facebook Bisnis, Anda bisa mengintegrasikannya dengan Instagram dan Whatsapp. Pada halaman beranda Fanpage, Anda bisa memulai iklan otomatis, membuat iklan baruu, mempromosikan postingan, bahkan Anda bisa mengatur promosi untuk postingan Instagram.

3. Brand Awareness

Mengapa media sosial penting dalam strategi pemasaran atau marketing strategy? Pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai angka 170 juta berdasarkan laporan Hootsuite dan WeAreSocial. karena itu, dengan mengoptimalkan media sosial bisnis Anda, akan memperbesar peluang untuk meningkatkan brand awareness.

Hal yang perlu Anda lakukan untuk mencapai target tersebut adalah dengan menghadirkan konten yang dapat menarik perhatian pengguna media sosial. Manfaatkan semua fitur penunjang yang disediakan oleh platform media sosial Anda.

Hal yang paling penting adalah menguasai semua teknik yang dibutuhkan dalam menjalankan digital marketing. Beberapa contoh teknik yang dibutuhkan antara lain copywriting, photo & video editing, akuntansi, dan sederet teknik pemasaran digital lainnya.

4. Jangkauan Audiens

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline