Lihat ke Halaman Asli

Rano Agung

Mahasiswa Profesi Ners

Peningkatan Pengetahuan Selama Pandemi Covid 19

Diperbarui: 25 April 2020   11:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Coronavirus Dease (Covid-19) masih berlangsung dan belum ada  tanda-tanda mereda, bahkan semakin hari semakin meningkat sehingga seluruh aktifitas dibatasi oleh pandemi ini, pemerintah menganjurkan untuk seluruh aktifitas dilakukan dari rumah atau melalui sistem dalam jaringan (Daring). 

Tak terkecuali pendidikan setanah air yang ikut terkena akibat wabah Covid-19. Hal ini dapat mempengaruhi peningkatan pengetahuan terhadap anak khususnya anak usia sekolah. Dengan menggunakan sistem daring seluruh siswa setanah air tetap belajar dari rumah untuk mengasah kemampuan akademik maupun non akademik. 

Didukung kerja kreatif para guru, siswa tetap memperoleh pendidikan yang tepat meski dalam keterbatasan waktu. Kreativitas guru dalam menyajikan kegiatan belajar terus mendukung perkembangan dan menstimulus siswa dalam proses pembelajaran daring. 

Sebagaimana kita ketahui bahwa pendidikan itu dapat dilakasanakan dimana saja, baik dilingkungan keluarga, lingkungan sekolah, maupun dalam  lingkungan masyarakat, nah kita fokus ke lingkungan keluarga bagaimana peran orang tua untuk meningkat pengetahuan dalam proses belajar melalui jaringan (Daring), peran orang tua disini sebagai pendidik utama.

Maka dari itu tanggung jawab orang tua selama pandemi covid-19 sangat  besar untuk membantu anaknya terutama dalam proses belajar melalui jaringan (Daring), Orang sekarang boleh dikatakan sebagai guru sekaligus wali kelas dari anak tersebut, orang tua rela meninggal semua pekerjaan rumah tangga demi membantu membimbing anak dalam proses peningkatan pengetahuan pada anaknya.

Beberapa hambatan yang harus dilalui dalam peningkatan pengetahuan anak, yang harus dijaga adalah situasi dan kondisi rumah dalam proses pembelajaran melalui jaringan (Daring). Jika situasi dan kondisi rumah kacau otomatis proses pembelajaran akan terganggu sehingga menyebabkan proses peningkatan pengetahuan akan berkurang atau menurun. 

Berdasarkan surat edaran No. 4 Tahun 2020 dari menteri pendidikan dan kebuadayaan  tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa Darurat penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19, Dalam proses pembelajaran melalui jaringan (Daring) yang perlu harus dijaga adalah kenyamanan dalam proses belajar, sehingga selama proses belajar berlangsung anak tetap konsentrasi sehingga peningkatan pengetahuan akan tetap efektif.

PENULIS : Rano AGUNG 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline