Lihat ke Halaman Asli

Dr. Raiders Salomon Marpaung.

Guru Olahraga Purna Tugas

Membuka Tahun 2021 Indonesia Tampil di Yonex Thailand Open

Diperbarui: 16 Januari 2021   03:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

                                                                                                                                       (www.bolasport.com)

Sebagian besar pemain pelatnas menjalani karantina tertutup di pelatnas hampir setahun lamanya akibat pandemi virus corona. Di awal tahun ini beberapa pemain pelatnas kembali turun gunung untuk mengikuti turnamen level super 1000 Yonex Thailand Open 2021 di bulan ini.

            Dalam turnamen yang diselenggarakan dari tanggal 12 s/d 17 Januari 2021 ini, Indonesia mengikutsertakan 16 wakilnya yang terdiri dari 3 pemain sektor tunggal putra, 2 pemain tunggal putri, 5 pasangan sektor ganda putra yang antara lain diperkuat oleh pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang diunggulkan di posisi kedua.

            Selanjutnya 2 pasangan sektor ganda putri, dan sektor ganda campuran yang mengirimkan 4 wakilnya yang antara lain diperkuat oleh pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang diunggulkan di posisi kedua.

Berdasarkan daftar unggulan pemain, pemain Indonesia yang berpeluang besar untuk tampil sebagai juara adalah di sektor ganda putra dan ganda campuran yaitu pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang sama-sama diunggulkan di posisi kedua. Pemain Indonesia lainnya yang diunggulkan adalah Anthony Sinisuka Ginting yang diunggulkan di posisi kelima sektor tunggal putra, Jonatan Christie unggulan keenam tunggal putra, pasangan Fajar Alvian/Muhammad Rian Ardianto unggulan kelima ganda putra, pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu unggulan kelima ganda putri, dan Hafiz Faizal/Gloria Emanulle Widjaja unggulan keenam ganda campuran

Melewati babak pertama (Selasa & Rabu, 12 & 13 /1/2021), dari 3 wakil Indonesia yang diturunkan di sektor tunggal putra, semuanya berhasil maju ke babak kedua yaitu Anthony Sinisuka Ginting unggulan kelima yang mengalahkan pemain Korea Selatan Heo Kwang Hee melalui pertarungan rubber game dengan skor 21-15, 11-21, 21-16. Jonatan Christie unggulan keenam yang mengalahkan pemain Singapura Loh Kean Yew melalui pertarungan rubber game dengan skor 13-21, 21-10, 21-16. Dan Shesar Hiren Rhustavito yang mengalahkan pemain India Sameer Verma melalui pertarungan dua game langsung dengan skor 21-15, 21-17.

Kemudian dari 5 wakil Indonesia yang diturunkan di sektor ganda putra, 3 diantaranya berhasil maju ke babak kedua yaitu pasangan Fajar Alvian/Muhammad Rian Ardianto unggulan kelima yang mengalahkan pasangan Thailand Nipitphon Phuangphuapet/Tanupat Viriyangkura melalui pertarungan rubber game dengan skor 17-21, 21-16, 22-20. Pasangan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang mengalahkan rekan senegaranya pasangan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana melalui pertarungan rubber game dengan skor 15-21, 29-27, 21-13. Dan pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan unggulan kedua yang mengalahkan rekan senegaranya pasangan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoce Yacob Rambitan melalui pertarungan dua game langsung dengan skor 21-14, 21-19.

Berikutnya dari 2 wakil Indonesia yang diturunkan di sektor ganda putri, 1 pasangan berhasil maju ke babak kedua yaitu pasangan unggulan kelima Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang mengalahkan pasangan Canada Rachel Honderich/Kristen Tsai melalui dua game langsung dengan skor 21-12 dan 21-11. Sementara itu pasangan Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto kalah dari pasangan Perancis Emilie Lefel/Anne Tran dengan skor 17-21, 17-21.

Selanjutnya dari 4 wakil Indonesia yang diturunkan di sektor ganda campuran, hanya 1 pasangan yang berhasil maju ke babak kedua yaitu pasangan unggulan kedua Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang mengalahkan pasangan Denmark Niclas Nohr/Amalie Magelund melalui dua game langsung dengan skor 21-17 dan 21-16. Sementara itu 3 pasangan lainnya harus mengakui keunggulan lawan-lawannya. Pasangan Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandoso kalah dari pasangan Malaysia yang diunggulkan di posisi kelima Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie dengan skor 20-22, 18-21. Pasangan unggulan keenam Hafiz Faizal/Gloria Emanulle Widjaja, di luar dugaan kalah dari pasangan India Satwiksairaj Rankireddy/Ashwini Ponnappa melalui pertarungan rubber game dengan skor 11-21, 29-27, 16-21. Dan pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari kalah dari pasangan Thailand Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran melalui pertarungan rubber game dengan skor 18-21, 21-11, 19-21.

Yang memprihatinkan adalah di sektor tunggal putri, dari 2 wakil Indonesia yang diturunkan di sektor tunggal putri, semuanya gagal maju ke babak kedua. Yaitu Gregoria Mariska Tunjung kalah dari pemain Korea Selatan Sung Ji Hyun melalui rubber game dengan skor 21-15, 15-21, 14-21. Ruselli Hartawan kalah dari pemain Thailand Supanida Katethong dengan skor 14-21, 16-21.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline