Lihat ke Halaman Asli

Rahmadi Salman

ikhtiar untuk terus menginspirasi

Aku Tidak Mau Dicerai

Diperbarui: 3 September 2020   23:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Hari ini banyak diberitakan bahwa pengadilan Agama menerima gugat cerai disebabkan adanya Pandemi Covid-19 ini. 

Yang menjadi pertanyaan benarkah seorang istri minta cerai terhadap suaminya, disebabkan karena sang suami tidak mempunyai pekerjaan atau usaha lagi?

Dalam agama Islam, yang namanya cerai itu adalah perkara boleh akan tetapi sangat dibenci oleh Allah Swt. Perkawinan adalah sebuah akad yang diikat oleh Agama sehingga bagaimanapun punya masalah baik karena faktor ekonomi, atau faktor-faktor yang lain sesungguhnya perkawinan tetap dipertahankan. 

Kemudian, yang berkembang sekarang seorang istri menggugat suaminya untuk cerai disebabkan ketidakcocokan atau karenaa ekonomi yang sulit, maka hal ini perlu dipikirkan lagi matang-matang. 

Banyak masalah lagi yang akan terjadi jika sebuah ikatan rumah tangga sudah hancur alias perceraian. Seperti berakibat kepada nasib anak-anak, hubungan sanak keluarga dan sebagainya sehingga berakibat buruk bagi kehidupan kedua belah pihak antara suami dan istri. 

Banyak anak-anak yang tidak terurus akibat adanya perceraian, sekolahnya tidak terurus, dan bahkan keluarganya menjadi broken heart atau kacau balau dan bahkan mengakibatkan nasib anak-anak menjadi brutal dan encari kebahagiaan dengan jalan yang tidak benar. 

Sebagai seorang suami, sesungguhnya harus bersikap dewasa untuk berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankan nikatan perkawinan. Demikian juga seorang istri yang telah berjanji , juga berusaha mempertahankan kehidupan berumahtangga dengan baik. Bukan sebaliknya minta cerai atau gugat cerai ke pengadilan padahal perkawinan masih bisa dipertahankan. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline