Lihat ke Halaman Asli

Dua Belas Pass: Ciri Sinetron Indonesia

Diperbarui: 24 Juni 2015   12:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Berikut ini adalah sekilas pandang duabelas ciri sinetron produksi PH (Production House) di Indonesia, menurut versi dan pengamatan penulis :


  1. Penokohan: selalu terbagi dua, tokoh Antagonis dan tokoh Protagonis. Yang Antagonis biasanya berkarakter suka marah, membentak, berkata kasar. Jarak usia tokoh ibu dan anak remajanya mirip kakak adik. Tokoh cowoknya tampan, rapi, bajunya baru. Tokoh ceweknya cantik, rapi, bajunya baru, belakangan suka berkerudung.
  2. Setting: Rumah mewah seisinya, Pantai, Perkebunan teh, Hotel, Cottage, Apartemen mewah, Kantor mewah, kolam renang, klub dugem, Mal.
  3. Wardrobe: pakaian selalu tampak baru. Untuk sinetron remaja, anak cewek SMA selalu pakai rok pendek. Cowoknya pakai mobil, lengan bajunya diluntung naik. Tokoh ibu memakai aneka perhiasan.
  4. Alur cerita: alur cerita maju, tentang rebutan warisan, rebutan pacar, rebutan jabatan, rebutan kekuasaan.
  5. Tema: perselingkuhan, pengkhianatan, persekongkolan, kejahatan melawan kebaikan, balas dendam, iri hati, kesombongan, keagamaan, mitos atau kelenik.
  6. Make Up: pemeran cowok atau cewek selalu memakai libstick/libgloss dan bedak, bahkan waktu bangun tidur pun juga memakainya.
  7. Tata lampu: sebagian besar dominan Astrada (asal terang gambar ada, pencahayaan serba flat rata). Kalau malam hari siluet lampu warna biru selalu tampak di belakang/samping rumah.
  8. Tata suara: didominasi musik latar pada setiap adegan, seperti dalam film india. Tanpa audio atmosphere. Adegan di kerumunan pasar atau mal audio atmosphere-nya juga sepi.
  9. Tata gambar: lebih dominan CU-Close Up, dan BCU-Big Close Up. Jika memakai Group Shot para tokohnya selalu berjajar, seperti komposisi wayang kulit.
  10. Adegan: untuk para pameo, tokoh pembantu atau sliwer-man aktingnya kaku, mereka berjalan mirip robot tanpa ekspresi. Adegan orangtua atau kakek selalu diperankan batuk-batuk.
  11. Editing: sangat jarang adegan kecelakaan menampilkan mobil tokohnya ringsek atau jungkir balik. Pokoknya langsung adegan di ruang ICU rumah sakit.
  12. Pendanaan: memakai prinsip “Low budget High Impact”.

Adakah ciri lainnya menurut versi Anda- Kompasianer?

SELESAI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline