Lihat ke Halaman Asli

Naoval FawazPratama

Mahasiswa/IPB Univertisy

Mahasiswa KKNT Inovasi IPB bersama Kelompok Wanita Tani "Larasati" Membuat Pot Komunal Bumbu

Diperbarui: 11 Juli 2023   08:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi pribadi

Jum'at 7 Juni 2023, Mahasiswa melakukan sosialisasi pengenalan dan praktik bersama ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) "Larasati". Kegiatan ini dihadiri setengah dari anggota KWT Larasati, berjumlah 13 orang.

Kegiatan dimulai dengan melakukan pengenalan tentang Pot Komunal Bumbu (Potkobu), mulai dari pengertian, tujuan, fungsi, tips & trik serta pengenalan tanaman yang bisa dijadikan potkobu.

"salah satu tujuan dari potkobu ini mengajak kemandirian pangan (terutama bahan bumbu dapur), menghemat biaya untuk kebutuhan dapur dan solusi jangka panjang untuk pekarangan rumah yang sempit." jelas mahasiswa yang menjadi pemateri potkobu.

Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan praktik pembuatan potkobu, tanaman yang digunakan pada praktik kali ini adalah kombinasi dari jeruk sambal, daun salam, daun bawang, kucai dan seledri. Antusiasme dari ibu-ibu KWT Larasati ini sangat bersemangat sampai membuat 8 potkobu.

dokumentasi pribasi

"mas apakah cuma tanaman ini saja yang bisa dijadikan potkobu" tanya salah satu anggota KWT Larasati. Tanaman bumbu lainnya bisa dijadikan potkobu, seperti jahe, kencur, kunyit, sereh dan cabai. Pada penanamannya yang penting terdapat satu tanaman yang bisa menjadi naungan tanaman kecil laiinya jawab salah satu mahasiswa KKN.

Kegiatan diakhiri foto bersama dengan hasil potkobu dan penyerahan benih cabai hias dan pepaya calina produk IPB untuk ditanam di Edupark KWT Larasati.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline