Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa IPB University Kenalkan Koperasi pada Anak Melalui Permainan

Diperbarui: 3 Agustus 2021   13:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkenalan Tim MCG dengan Mitra SDN Babadsari (dokpri)

Rendahnya angka koperasi di Indonesia dari tahun ke tahun menjadi alasan beberapa mahasiswa IPB membuat terobosan baru dengan menciptakan sebuah permainan yang bernama Multiplayer Cooperation Game (MCG). Permainan ini bertujuan untuk mengenalkan koperasi pada anak-anak SD dengan metode learning by playing. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan Pekan Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat yang saat ini sedang diselenggarakan di SDN Babadsari, Kebumen, Jawa Tengah.

"Adanya permainan MCG (Multiplayer Cooperation Game) ini diharapkan mampu membuat anak-anak mengenal koperasi dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Target utama dalam menjalankan permainan ini yaitu siswa kelas 3-6." ujar Fikri selaku ketua tim.

Menurutnya, MCG yang dijalankan dengan metode learning by playing sangat tepat diterapkan pada anak-anak karena dalam hal ini mereka dapat belajar sambil bermain, sehingga pelajaran yang ada dalam permainan tersebut lebih mudah dipahami dan diterima oleh anak-anak.

Pelaksanaan Program Permainan Edukasi MCG (dokpri)

Pak Rajiman selaku Kepala Sekolah SDN Babadsari sangat antusias dengan adanya program ini, "Saya sangat mendukung adanya program ini. Harapannya anak-anak dapat mengenal lebih dini tentang koperasi dan nantinya setelah program ini selesai akan ada wujud nyata koperasi sebagai sarana bagi anak-anak dalam mengamalkan nilai-nilai koperasi di kehidupan sehari-hari" ujarnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline