Lihat ke Halaman Asli

Pingkan Ayu

Mahasiswa Universitas Diponegoro

Potensi Produk Hasil Laut Bontang Kuala

Diperbarui: 13 Februari 2022   21:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rumput laut yang sudah dikeringkan

Bontang (12/02/22) -- Keanekaragaman potensi bahari di Kelurahan Bontang Kuala, Kalimantan Timur rupanya tidak hanya didukung dari sebagian masyarakat yang telah lama berprofesi sebagai nelayan, tetapi juga adanya kemampuan masyarakat tersebut untuk bisa mengembangkan potensi itu sendiri menjadi berbagai macam produk hasil olahan laut yang menarik.

Adapun berbagai macam produk hasil laut yang dihasilkan oleh masyarakat di Bontang Kuala ini antara lain seperti terasi, rumput laut kering, dodol rumput laut, manisan rumput laut, hingga berbagai jenis ikan asin. Selain itu, produk tersebut juga telah diawetkan secara alami dengan penambahan gula atau garam, serta pengeringan di bawah sinar matahari langsung.

Dodol rumput laut khas Bontang Kuala

Ikan asin khas Bontang Kuala

Pengembangan pariwisata bahari ini tentu saja sejalan dengan tema Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 1 periode 2022 dari Universitas Diponegoro yang mendukung pemberdayaan masyarakat berbasis Sustainable Development Goals (SDGs), salah satunya yaitu SDGs Nomor 8 tentang Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

Walaupun sebagian besar masyarakat di Bontang Kuala berprofesi sebagai nelayan dalam kehidupan sehari-hari, hal ini tidak berarti bahwa ketersediaan bahan baku untuk menghasilkan produk hasil laut tersebut menjadi mudah untuk diperoleh. Menurut beberapa pelaku hasil laut yang dijumpai secara langsung, beberapa bahan baku tertentu seperti rumput laut hanya bisa ditemukan setelah masa panen saja dan berakibat pada produktivitas yang terhambat.


Apabila produk hasil laut khas Bontang Kuala telah selesai diproduksi, maka pemasaran dapat dilakukan secara mandiri oleh pelaku usaha di depan rumah, toko oleh-oleh, bahkan hingga ke luar kota juga seperti Samarinda. Adapun strategi pemasaran yang terkini seperti digital marketing rupanya belum diterapkan secara menyeluruh bagi pelaku usaha produk hasil laut di Bontang Kuala.

Mahasiswa KKN Undip sedang meninjau potensi produk hasil laut khas Bontang Kuala

Oleh karena itu, adanya potensi pariwisata bahari berupa berbagai macam produk hasil laut khas Bontang Kuala tersebut diharapkan agar dapat terus dikembangkan melalui pelatihan maupun pengadaan alat yang didukung oleh berbagai pihak.

Penulis: Pingkan Ayudzra Safitri / Teknik Kimia / Fakultas Teknik

Dosen Pembimbing: Ir. Kustopo Budiraharjo, M.P




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline