Lihat ke halaman asli

dr. M. Saleh

Pemerhati kesehatan, pecinta durian

Hobi kuliner, terutama durian, dan menonton upin ipin dengan anak-anak.

Bahan-bahan Makanan Penangkal Virus Corona Novel (Covid-19)

Diperbarui: 20 Maret 2020   20:35

Virus Corona Novel (Covid-19) ialah virus corona jenis baru yang ditemukan pada tahun 2019 dan belum pernah diidentifikasi pada manusia. Tanda-tanda umum infeksi termasuk gejala pernapasan, demam, batuk, sesak napas dan kesulitan bernafas. Pada kasus yang lebih parah, infeksi dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, dan bahkan kematian.

Maraknya penyebaran virus Covid-19  telah menjadi pandemi global sehingga meresahkan masyarakat di hampir seluruh dunia. Sebagai pandemi yang telah merenggut lebih dari 300 nyawa di Tiongkok, ada kebutuhan mendesak untuk mengambil tindakan pencegahan, di mana kuncinya adalah fokus pada membangun kekebalan tubuh seseorang serta kesehatan secara keseluruhan. 

Hingga saat ini belum ada vaksin yang mampu membantu imunitas tubuh memerangi Covid-19. Pencegahan adalah cara terbaik. Kita harus menjaga sistem kekebalan kita agar kuat melalui menjaga kebersihan diri dan lingkungan, tidak merokok, menjauhi alkohol, menjauhi kontak fisik dengan manusia yang terduga carrier (pembawa virus), menjauhi tempat ramai, serta yang paling penting adalah mengkonsumsi bahan pangan yang mampus meningkatkan imunitas tubuh secara drastis.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah-rempah, kabar baiknya, rempah-rempah dan aneka bahan pangan alami yang diproduksi di Indonesia cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita agar mampu memerangi virus, termasuk virus Corona Novel. 

Bahan-bahan makanan tersebut diantaranya:

1. Madu

Sifat antioksidan dan antibakteri madu membantu memperbaiki sistem pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Ini juga merupakan pembangkit tenaga antioksidan, yang sangat efektif untuk menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Mulailah hari Anda dengan menambahkan sesendok madu dan air lemon / jeruk ke secangkir air hangat untuk mendapatkan manfaatnya.

2. Jahe

Penggunaan jahe memiliki sejarah panjang dalam bentuk pengobatan tradisional / alternatif. Jahe digunakan untuk membantu pencernaan, mengurangi mual dan membantu melawan flu dan pilek. Rebusan jahe segar yang diminum hangat-hangat mampu memerangi kuman yang menempel pada tenggorokan disaat kita batuk atau flu.

3. Temulawak

Temulawak adalah salah satu umbi-umbian rempah asli Indonesia dan selama berabad-abad telah terbukti menghasilkan beberapa manfaat kesehatan. Minuman Temulawak telah digunakan masyarakat kita untuk meredakan mual, pusing, dan gejala pilek. Tetapi penggunaan yang paling umum untuk ramuan ini adalah untuk meningkatkan nafsu makan, terutama untuk anak-anak. Lain halnya dengan jahe, aroma temulawak yang kurang sedap mengakibatkan temulawak jarang dipergunakan dalam masakan. Untuk mengkonsumsi temulawak, tumbuk temulawak dan seduh dengan asam dan gula aren, biarkan mendidih sampai hanya tersisa setengah air.

Halaman Selanjutnya

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline