Lihat ke Halaman Asli

Cahyadi Takariawan

TERVERIFIKASI

Penulis Buku, Konsultan Pernikahan dan Keluarga, Trainer

"Bids" Komunikasi Suami Istri

Diperbarui: 22 Juli 2022   07:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumen pribadi

Komunikasi suami istri bukan hanya terkait ilmu, namun juga keterampilan dan seni. Membangun komunikasi tidak sekedar memerlukan ilmu, namun harus disertai keterampilan dan penerapan yang memenuhi sisi estetika.

Salah satu bentuk seni berkomunikasi adalah adanya "bids", yang dianggap merupakan satuan dari komunikasi emosional. John Gottman dan tim telah melakukan riset puluhan tahun tentang komunikasi, terutama komunikasi pasangan (kekasih, suami istri). Ia menemukan sebuah seni berkomunikasi yang secara alami terbangun antara suami dan istri.

Menurut Gottman, pada dasarnya "bids" adalah sebuah usaha awal untuk membangun koneksi emosional dengan pasangan melalui komunikasi verbal maupun nonverbal. Ada "pesan tersembunyi" di balik sebuah bids, yang belum tentu dipahami oleh pasangan.

"Waw, dingin banget malam ini... Kamu kedinginan nggak sayang?" ujar seorang istri. Inilah adalah contoh sebuah bids.

Melalui bids ini, secara eksplisit sang istri memberi tahu suami bahwa dia kedinginan. Pesan yang tidak diucapkan oleh sang istri adalah dia berharap mendapatkan pelukan hangat dari suami.

Dengan ungkapan pesan secara samar, sang istri memberikan ruang kepada suami untuk menolak secara halus. Walaupun sebenarnya suami tahu bahwa istrinya ingin dipeluk, namun dirinya tidak harus memutuskan untuk segera memeluknya.

"Aduh ga biasa banget nih, pagi pagi aku sudah kelaparan", ujar seorang suami. Ini juga contoh sebuah bids.

Melalui bids ini, secara eksplisit sang suami memberi tahu istri bahwa dia kelaparan. Pesan yang tidak diucapkan oleh suami adalah dia berharap disiapkan sarapan pagi. Jika  sang istri tidak sempat membuatkan sarapan, sang suami bisa maklum karena bentuknya bukan kalimat perintah.

Bagaimana Menggunakan Bids?

Ada beberapa catatan terkait dalam penggunaan bids, agar suami dan istri bisa saling nyaman dalam berkomunikasi.

  • Pilih bids yang menimbulkan ketertarikan pasangan
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline