Lihat ke Halaman Asli

Cahyadi Takariawan

TERVERIFIKASI

Penulis Buku, Konsultan Pernikahan dan Keluarga, Trainer

Malam Tanggal 1 Suro, Malam Spesial Bersama Keluarga

Diperbarui: 24 Juni 2015   21:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13528932961274749092

[caption id="attachment_223263" align="aligncenter" width="400" caption="ilustrasi - http://kidsstacks.blogspot.com"][/caption]

Sekarang ini adalah malam tanggal 1 Muharam 1434 H, atau 1 Suro 1946 dalam penanggalan Jawa. Bertepatan dengan Rabu Pahing malam Kamis Pon. Tidak ada ajaran agama untuk melakukan ritual atau ritus tertentu di malam tanggal 1 Muharam. Tidak ada keharusan atau kewajiban sakral tertentu untuk memperingatinya, walaupun budaya masyarakat terutama di Jawa sangat kental terkait dengan peringatan malam 1 Suro.

Jadi, menurut saya, malam ini sangat tepat untuk dijadikan sebagai kesempatan spesial untuk bercanda dan bercengkerama bersama keluarga. Mengapa demikian?

Ehmmmm, mengapa ya.... Karena besok hari Kamis 15 November 2012 adalah hari libur nasional, alias tanggal merah. Jadi, karena besok libur, malam ini sangat tepat untuk bercengkerama bersama keluarga. Mengobrol, bercanda, makan malam bersama, saling memberi nasihat, saling mengungkapkan perasaan, saling meminta maaf dan memaafkan, saling mencurahkan rasa cinta, dan lain sebagainya.

Wah, sayang kalau tidak dimanfaatkan bersama keluarga. Mumpung besok hari libur loh.......




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline