Lihat ke Halaman Asli

Nurul Hidayat

It's a wonderful life

Tangan Panas Kena Cabe? Ini Dia Ramuan Paling Mujarab

Diperbarui: 6 Mei 2022   14:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cabe. Foto: merriam-webster.com.

Tadi pagi saya membantu istri memasak. Saya menyiapkan bumbu merah yang didominasi oleh cabe. Sebelum dihaluskan dengan blender manual yang ditarik itu, bahan-bahan saya potong-potong terlebih dahulu. 

Biasanya di Indonesia, hanya cabe besar yang bijinya kami buang. Cabi rawit tidak. Di Malaysia, cabe besar bijinya sangat sedikit tetapi biji cabe kecil banyaknya bukan main. Di sini mungkin ada cabe yang seperti di Indonesia, tetapi saya belum menemukan.

Karena kondisinya seperti itu, maka saya berinisiatif membuang biji cabe kecil. Karena saking banyaknya. Takut juga kami makan terlalu banyak biji cabe. Duh saya baru sadar untuk membuang biji cabe itu setelah cabe sudah dipotong-potong. 

Tetapi saya pikir karena level pedesnya cabe di sini tidak sekuat di Indonesia, membuang biji cabe dengan kondisi seperti itu pun saya lakukan tanpa pelindung tangan. 

Saya cepat-cepat buang bijinya dan saya akan langsung cuci tangan dengan sabun yang banyak. Dan tak lama kemudian tangan saya terasa panas. Saya biarkan saja. Lha kok tambah menjadi. Saya rendam dengan air sabun sambil buka hp. Saya googling sana googling sini, banyak sekali trik untuk redakan panas di tangan karena cabe. Saya coba satu per satu. 

Mulai dari dikasih tepung. Istri saya mengambilkan tepung maizena kemudian ditaburkan ke tangan kiri saya. Dalam kondisi tangan yang kering, dioles-oleskan tepung itu ke tangan sambil sesekali saya mengepalkan tangan. Terus itu dilakukan sampai habis dua sendok makan. 

Kemudian saya cuci tangan menggunakan sabun cuci sampe bersih dan cukup lama. Ada 10 menit paling. Karena info di internet juga ada yang bilang kalau sabun cuci efektif redakan panas akibat cabe. Ah, tidak mempan juga!

Panas masih terasa. Lebih terasa. Ada tips lagi yang saya dapatkan di internet, katanya rendam dengan air es. Saya cari es batu di kulkas. Beruntung ada. Saya ambil sekitar 5 kubik kecil es kemudian pegang sambil merendamkan tangan di dalam mangkuk. 

Pas direndam atau pegang es batu, panas benar-benar hilang. Asli hilang. Yang saya rasakan adalah dingin. Panasnya cabe tidak saya rasakan mungkin kalah dengan dinginnya es. Haha. Sekitar 15 menit saya lakukan itu. 

Saya pikir sudah terobati. Saya angkat tangan dari tempat air es. Eh sejurus kemudian panasnya datang lagi, lebih panas dari sebelumnya. Ada lagi yang bilang pakai beras. Masukkan tangan ke dalam beras. Saya ikuti juga. Kira-kira 15 menit juga. Tidak ngefek sama sekali. Panaaaas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline