Lihat ke Halaman Asli

Suarakita

Suarakita

Menikmati Indahnya Pesona Curug Gombong (Curug Lanang dan Wadon)

Diperbarui: 31 Desember 2021   02:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Image caption


Curug atau air terjun merupakan salah satu wisata alam yang banyak diminati karena keindahan dan panoramanya. Ada banyak curug yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, salah satunya adalah Curug Gombong yang terletak di Desa Gombong, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Curug ini berjarak sekitar 23 kilometer dari wilayah Kota Batang, yang jika ditempuh menggunakan kendaraan sepeda motor atau mobil dapat memakan waktu sekitar 30 menit lamanya. Selama perjalanan menuju curug, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan pedesaan yang khas dan juga lahan pertanian yang luas karena curug ini terletak tidak jauh dari lahan pertanian para penduduk desa.

Curug Gombong memiliki keunikan dibanding dengan wisata curug lainnya, dimana curug ini memiliki 2 jenis curug yaitu "Curug Lanang" dan "Curug Wadon". Dalam Bahasa Indonesia, lanang artinya laki-laki dan wadon artinya perempuan. Disebut dengan Curug Wadon karena di curug tersebut terdapat batu yang mirip dengan seorang perempuan, sementara disebut Curug Lanang karena sudah ada Curug Wadon. Kedua curug ini saling bersebelahan, Curug Lanang berada dibagian atas dan Curug Wadon berada di bagian bawah dimana kedua curug tersebut memiliki keunikannya masing-masing. Curug Wadon memiliki ketinggian sekitar 15 meter sedangkan Curug Lanang memiliki ketinggian lebih rendah dibawah Curug Wadon, untuk kedalaman airnya Curug Wadon memiliki intensitas lebih dalam dibanding Curug Lanang. Hal ini membuat Curug Lanang lebih aman jika digunakan untuk berenang dibanding Curug Wadon.

Figure 2 Curug Gombong "Curug Lanang"                                                               Figure 3 Curug Gombong "Curug Wadon"

Untuk menuju ke Curug Lanang ataupun Wadon, wisatawan hanya perlu menuruni beberapa anak tangga yang sudah terbangun rapi beserta dengan pegangan besi. Untuk menuruni anak tangga tersebut waktu yang dibutuhkan hanya 3 menit sehingga wisatawan tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk menikmati pemandangan Curug Lanang dan Curug Wadon. Selain akses yang mudah, kedua curug ini juga jarang dikunjungi karena belum banyak yang mengetahuinya sehingga suasana curug masih benar-benar asri. Meskipun Curug Gombong masih belum banyak diketahui wisatawan, namun fasilitas yang ada didalamnya cukup lengkap, mulai dari lahan parkir yang luas, mushola, toilet, warung jajan dan yang terakhir adalah kolam renang. Kolam renang ini masih dalam tahap pembangunan, yaitu kolam renang untuk anak yang terletak diatas Curug Lanang dan kolam renang untuk dewasa yang masih dalam perancangan pembangunan.

Figure 4 Kolam renang anak

Untuk memasuki Curug Gombong, wisatawan hanya dipungut biaya Rp. 3000/orang, sedangkan bagi wisatawan yang ingin berenang di kolam renang cukup membayar seikhlasnya saja. Wisata Curug Gombong masih termasuk wisata desa yang pembiayaannya ditanggung oleh kas desa sehingga tidak mematok tiket masuk. Dengan biaya seadanya pengunjung sudah bisa menikmati keindahan wisata air terjun kapan saja.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline