Lihat ke Halaman Asli

Zahranafitri

zahranafitri

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Saat Musim Hujan

Diperbarui: 2 Januari 2024   08:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Pixabay.com/KhusenRostamoy) 

Musim hujan saat ini merupakan musim hujan yang sangat di tunggu - tunggu setelah lama kita menghadapi musim kemarau yang panas. Musim hujan dapat memberikan efek signifikan bagi kesehatan tubuh. Selama musim hujan rentan timbulnya beberapa penyakit seperti flu, batuk, pilek, demam dan segala macam penyakit lainnya. 

Maka dari itu penting bagi kita untuk pintar-pintar menjaga imun tubuh agar tetap sehat. Dimulai dari hidup bersih dan juga melakukan beberapa kegiatan yang dapat meningkatkan imun tubuh. 

Berikut adalah beberapa tips menjaga kesehatan tubuh di saat musim hujan. 

1. Mengkonsumsi makanan sehat 

Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang dipercaya mampu memenuhi kebutuhan tubuh. Untuk menjaga kondisi tubuh anda, tentunya anda perlu mengkonsumsi makanan sehat yanah bernutrisi tinggi dan berkalori rendah. Seperti beberapa sup, sayur, daging serta makanan yang mengandung lemak sehat seperti minyak zaitun dan salmon. Diketahui minyak zaitun dan salmon dapat meningkatkan respon kekebalan tubuh terhadap patogen dengan mengurangi peradangan. 

2. Mencukupi asupan vitamin C dan D

Vitamin C dan vitamin D adalah salah satu cara meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C dan D dapat di peroleh dari beberapa buah dan juga sayuran. Seperti jeruk, stoberi, brokoli dan beberapa jenis sayuran lainnya. Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen vitamin C dan D bisa di tambah dengan berjemur. 


3. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Cara menjaga saya tahan tubuh salah satunya adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Kebutuhan cairan tubuh bisa anda dapat dari buah - buahan, sayuran berkuah dan juga air mineral. Sumber cairan tubuh yang anda konsumsi dapat mengeluarkan sisa - sisa proses metabolisme dan racun secara optimal. Kebutuhan air yang baik kita konsumsi adalah 2 liter perharinya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline