Lihat ke Halaman Asli

Nur Hayati

Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penggunaan Lagu Pembelajaran Berbasis Edutainment pada Mata Pelajaran PKN Kelas 1 SD Negeri Ketangi

Diperbarui: 11 Mei 2024   15:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pri

Oleh : Nurhayati

NIM : 212180053

Universitas Muhammadiyah Purworejo

Puji Syukur kepada Tuhan YME yang telah memberikan rahmat dan karunia-nya sehingga saya dan kelompok saya dapat menyelesaikan tugas dan melaksanakan simulasi pembelajaran menggunakan lagu pembelajaran ini pada anak SD guna memenuhi tugas mata kuliah Edutainment Skill.

Edutainment dapat diartikan sebagai sebuah konsep pembelajaran yang bentuk kegiatannya menarik serta menyenangkan sehingga menjadikan pembelajaran yang tidak membosankan bagi peserta didik. Konsep edutainment yaitu menggabungkan antara materi pembelajaran dengan hiburan sehingga proses pembelajarannya menjadi inovatif, kebanyakan peserta didik umumnya lebih suka dengan media pembelajaran yang inovatif dibandingkan dengan hanya menggunakan pembelajaran satu arah.

Contoh dari pembelajaran edutainment adalah berbasis lagu pembelajaran. Lagu pembelajaran dapat meningkatkan motivasi serta minat peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, karena siswa menjadi lebih memahami materi yang dibawakan melalui nyanyian.

Penggunaan edutainment dalam proses pembelajaran, membuat peserta didik lebih mudah dalam memahami dan menerima pembelajaran. Karena dalam proses pembeajarannya melibatkan peserta didik secara aktif, sehingga peserta didik merasa senang dan nyaman.

Lagu merupakan sebuah alat atau media yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan minat belajar peserta didik. Ketika peserta didik menyukai lagu yang dicontohkan atau diajarkan oleh guru dengan senang hati peserta didik juga akan menyanyikannya dengan penuh antusias.

Simulasi pembelajaran berbasis edutainment ini dilaksanakan di SD Negeri Ketangi yang beralamat di Dusun Krajan, Desa Ketangi, Kec. Purwodadi Kab. Purworejo, Prov. Jawa Tengah. Simulasi ini dilaksanakan pada hari Rabu, 24 April 2024. Simulasi ini dilakukan di kelas 1 pada mata pelajaran PKN bab 5 aku suka bergotong royong. Simulasi pembelajaran yang telah dilaksanakan menerapkan tiga metode pembelajaran yaitu media pembelajaran, lagu pembelajaran dan game pembelajaran tradisional.

Media pembelajaran yang digunakan pada saat simulasi yaitu lagu pembelajaran yang berjudul "Gotong Royong" dengan nada rasa sayange, media pembelajaran yang digunakan yaitu papan penerapan nilai-nilai gotong royong dimana ada sebuah papan, kemudian ada contoh-contoh kegiatan gotong royong dilingkungan Masyarakat, keluarga dan sekolah yang nantinya dikelompokkan ke papan sesuai dengan tempatnya. Game yang digunakan yaitu memasukkan sebuah bola kedalam keranjang menggunakan tali. Ketiga metode pembelajaran tersebut digunakan dalam proses pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam memahami dan menerima materi melalui hiburan dan permainan.

Dalam simulasi ini media yang digunakan yaitu lagu pembelajaran. Lagu merupakan media komunikasi, berkomunikasi melalui lagu dapat memberikan efek lebih menyenangkan dan informasi akan lebih mudah untuk diserap. Lagu pembelajaran yang berjudul "Gotong Royong" dengan nada rasa sayange ini memiliki lirik yang berisi materi gotong royong. Sehingga memudahkan siswa dalam mempelajari materi gotong royong.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline