Lihat ke Halaman Asli

Dr. Nugroho SBM MSi

Saya suka menulis apa saja

Inilah Kelebihan Pemimpin Muda Usia

Diperbarui: 17 Oktober 2023   23:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: merdeka.com

Bung Karno dalam salah satu pidatonya pernah mengatakan: "Beri aku 1.000 orangtua maka akan kucabut Gunung Smeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda maka akan kuguncangkan dunia". 

Dari pidato tersebut bisa disarikan bahwa Bung Karno percaya akan kekuatan pemuda.

Pada hari-hari ini dunia politik Indonesia diguncangkan oleh putusan MK yang menurunkan batas usia capres dan cawapres. Intinya anak muda alias pemuda diberi kesempatan untuk menjadi Capres dan Cawapres.

Terlepas dari kontroversi tersebut, sebenarnya pemimpin termasuk pemimpin negara berusia muda memiliki beberapa kelebihan yang tak dimiliki generasi tua.

Pertama, lebih inklusif. dan terbuka terhadap perbedaan. Pemimpin usia muda biasanya lebih inklusif dan terbuka terhadap berbagai perbedaan karena mereka hidup di dunia dimana batas-batas petbedaan antar negara, suku, agama, ras, dan aliran sudah semakin tipis. Hal ini membuat pemimpin muda lebih bisa mengakomodasikan semua perbedaan. Indonesia yang terdiri dari beragam suku, agama, ras, dan aliran sebenarnya membutuhkan pemimpin yang inklusif dan terbuka ini untuk maju.

Kedua, lebih menguasai teknologi. Sekarang ini mereka yang bisa menguasai dunia adalah mereka yang bisa menguasai teknologi khususnya teknologi diital dan informasi.

Ketiga, lebih berani melakukan perubahan dan pembaharuan dalam segala hal. Berbeda dengan orangtua yang lebih suka kepada kemapanan, pemimpin usia muda lebih berani melakukan perubahan dan pembaharuan. Indonesia membutuhkan pemimpin-pemimpin muda yang berani melakukan perubahan dan pembaharuan.

Keempat, lebih menguasai lintas bahasa dan budaya antar negara. Hal ini sangat membantu memperluas jaringan lembaga maupun negara yang dipimpinnya. Negara Indonesia membutuhkan pemimpin yang demikian supaya dikenal banyak bangsa dan negara sehingga membantu menjadikan Indonesia negara maju sejajar dengan negara maju lainnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline