Lihat ke Halaman Asli

Novi Puspitasari

Teknologi Pangan

Mengenal Profesi Flavourist

Diperbarui: 9 Desember 2021   11:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Flavourist (sumber: https://www.photonico.asia/photo/doc71jqtfjwamakjl9k5yp)

Keripik kentang rasa ayam panggang atau seafood, minuman teh rasa buah persik atau strawberry dan banyak lagi yang sering kali membuat kita penasaran ingin mencobanya. Tahu kah Anda bahwa ada orang-orang yang secara khusus bertugas untuk meracik dan menciptakan varian rasa yang baru ?

Orang yang berperan untuk menghasilkan berbagai macam rasa (flavour) pada makanan-makanan kemasan yang sering kita nikmati disebut Flavourist / Flavour Chemist.

Penambahan rasa dari 'luar' makanan bukan hanya semata-mata bertujuan untuk menambah kesenangan saat menikmati makanan tersebut. Seringkali pada proses pembuatan produk makanan, pada akhir proses rasa alami dari bahan baku berkurang atau karena perbedaan spesifikasi bahan mentah yang tidak bisa dikontrol misalnya dikarenakan perbedaan musim, maka diperlukan penambahan flavour dari luar untuk memperbaiki; menjaga; dan meningkatkan rasa makanan pada produk akhir.

Seorang flavourist harus memiliki pengetahuan bahan mentah baik yang bersumber dari bahan alami maupun bahan kimia; mampu mem-formulasi berbagai bahan komposisi varian rasa; mengaplikasikan flavour yang diciptakan pada berbagai jenis dan sifat produk makanan; melakukan pengembangan pada varian rasa yang sudah diciptakan dan menciptakan varian rasa baru; melakukan uji sensoris dan mengetahui trend keinginan konsumen/pasar serta yang tidak kalah pentingnya adalah mengetahui regulasi-regulasi terkait pada negara tempat produk tersebut akan diedarkan yang tentu saja memiliki standar yang berbeda.

Referensi : 

https://www.givaudan.com/taste-wellbeing/co-creation-innovation/flavourist-school




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline