Lihat ke Halaman Asli

Novi Setyowati

TERVERIFIKASI

berbagi pengalaman, cerita, dan pengetahuan

Efek Samping AstraZeneca, Benarkah Berbahaya?

Diperbarui: 12 Mei 2021   09:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi vaksin COVID-19 (Sumber gambar: Pixabay/torstensimon)

Kemarin sore, saya sempat terkejut dan agak sedikit parno saat melihat pemberitaan mengenai seorang pemuda yang dikabarkan meninggal dunia usai mendapat suntikan vaksin berjenis AstraZeneca. 

Dilansir dari Kompas.com (10/05/2021), Trio Fauqi Firdaus (22) mengalami gejala efek samping dari vaksin AstraZeneca berupa demam yang sangat tinggi hingga akhirnya dinyatakan meninggal dunia sehari setelah menerima vaksin.

Keterkejutan dan rasa parno saya tidak lain karena pagi harinya, saya pun mendapatkan suntikan vaksin tahap pertama dari jenis yang sama, AstraZeneca, di Puskesmas terdekat.

Sontak saja saya langsung membaca-baca referensi tentang vaksin ini dan terus mengamati secara mandiri efek samping yang saya rasakan hingga hari ini.

Apa itu vaksin COVID-19 AztraZeneca?

Vaksin berjenis AztraZeneca merupakan produk vaksin yang dikembangkan melalui kerjasama antara perusahaan AstraZeneca dengan Universitas Oxford.

Vaksin ini merupakan jenis vaksin yang memanfaatkan virus flu yang dimodikasi dengan membawa kode-kode penting dari virus COVID-19. Dengan kata lain, vaksin AstraZeneca tidak mengandung atau membawa virus COVID-19 itu sendiri, tetapi hanya kode-kode genetik penting dari virus ini.

Kompas.com (10/03/2021) pun menyebutkan bahwa tingkat efikasi dari vaksin AztraZeneca ini menurut BPOM adalah sebesar 62,1 persen setelah diuji cobakan di Indonesia.

Sementara jangka waktu rehat menuju tahap kedua pemberian vaksin pun terbilang lama, yakni 8-12 minggu. Jadwal saya untuk kembali vaksin pun masih di bulan Agustus nanti.

Ilustrasi Vaksin COVID-19 (Sumber gambar: Pixabay/alirazagurmani9272)

Apa efek samping dari Vaksin AztraZeneca?

Dokumen resmi dari Pemerintah Australia untuk Indonesia menyebutkan adanya efek samping umum dan tidak umum paska mendapatkan suntikan vaksin AstraZeneca. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline