Lihat ke Halaman Asli

Bahasa Bukanlah Jendela Rumah, Melainkan Jendela Dunia

Diperbarui: 8 Desember 2020   10:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Menurutmu apakah anak-anak suka jika mereka di dongengin sebelum tidur?

Kalo menurut aku sih pasti mereka sangat sukaa !!! tak hanya lagi dengan kata suka tapi dengan istilah sangat sukaa !! seperti yang kita tahu pada umumnya bahwa anak usia dini adalah suatu individu yang sangat unik dan juga punyai rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Mereka rela mendengarkan cerita-cerita yang sangat panjang bahkan hingga membuat mereka tertidur dan memang hal itulah yang mereka inginkan. Mereka pasti senang sekali meminta kepada ibunya untuk mendongenginya sebelum tidur supaya mereka bisa mudah tidur.

Beda halnya dengan individu lainnya yang sudah berusia remaja ataupun dewasa. Mereka pasti sudah tidak akan tertarik lagi dengan cerita-cerita seperti itu, bahkan kepada sejarah sedikitpun sudah tidak tertarik. Mungkin jika mereka di dongengin maknya mereka tidak akan mendengarkannya wkwk (yakalii mana ada emmak yang mau ndongengin anaknya yang sudah remaja HAHAHA)

Melalui bercerita anak usia dini akan berimajinasi, mereka akan menangkap hal inti dari cerita yang mereka dapatkan dan membayang-bayangkannya dengan kekreatifitasan mereka sendiri. Maka tidak sedikit anak usia dini yang setelahnya mendapat cerita ia akan diam saja dan tidak menannyakan cerita tersebut secara lebih dalam mereka pasti akan mengajukan banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang mungkin saja di luar nalar fikiran kita, dan jika ada anak yang ketika setelah di dongengin dia diem saja atau dengan kata lain mereka tidak respond mungkin saja dia sedang tidak normal. (tidak normal disini mengandung makna bahwa anak tersebut mungkin sedang dalam keadaan capek, mengantuk, ataupun memang mereka adalah anak yang pendiam atau penakut yang mungkin membutuhkan bimbingan khusus)

Masa usia prasekolah merupakan masa aktif anak berimajinasi. Hal ini menujukkan bahwa sebenarnya, imajinasi anak-anak sedang membutuhkan penyaluran. Salah satu tempat yang tepat adalah cerita. 

Musfiroh,2008

Ada banyak metode untuk mengembangkan kreativitasan anak usia dini, yaitu salah satunya dengan cara metode bercerita yang dapat mengembangkan imajinasi serta bahasa anak. Dengan bercerita ada beberapa hal yang terkandung di dalamnya, yakni anak akan belajar kosakata bahasa nya serta melatihnya untuk menyusun kata-kata dalam berbicara dengan baik, selain itu dengan mereka sudah menguasai bahasa akan membuat mereka berimajinasi dengan berangan-angan ataupun menceritakan cerita baru sesuai apa yang mereka inginkan. 

Bahasa adalah jendela dunia 

Dengan bahasa kita dapat mengetahui apa yang ada di luar sana. Jika kita tak dapat berbahasa sama jadinya kita tidak punyai jendela, sama hal nya jika suatu rumah yang tak berjendela pasti rumah itu akan gelap dan suntuk serta tak nyaman untuk di pakai. Oleh karena itu belajar berbahasa sangatlah penting bagi anak usia dini. Karena semua dasar ilmu hanya dapat dipelajari saat masih berusia anak usia dini dan tak mungkin jika kita sudah remaja baru akan memulai untuk belajar berbahasa. 

terkadang malah banyak orang yang ingin mempelajari bermacam-macam bahasa mengingat bahasa itu adalah jendela dunia , ssmakin luas tingkat kemampuan berbahasanya dunia yang mereka dapatkan juga akan semakin luas. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline