Lihat ke Halaman Asli

Keunggulan dan Kekurangan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi

Diperbarui: 15 Juli 2021   23:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Assalamualikum wr.wb

Salam sejahtera untuk teman-teman semua. Halo semuanya, kembali lagi dengan saya Nizar Risqy di Kompasiana. Bagi yang belum mengenal saya, nama saya Nizar Risqy dan saya seorang Mahasiswa semester empat dari program studi Ilmu Komunikasi di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Bagaimana dengan aktivitas kalian pada PPKM Darurat saat ini? Semoga aktifitas teman-teman semuanya tetap lancar dan jangan lupa tetap dirumah saja ya. Daripada di rumah saja saat PPKM seperti ini dan kalian gabut gak ngapa-ngapain, saya akan menemani hari-hari kalian di masa PPKM seperti ini. Kalian tau gak sih kalau suatu teknologi itu mempunyai sisi positif dan sisi negatif? Kalau kalian belum tau hal positif dan hal negatif dari suatu teknologi, kali ini saya akan memberikan informasi ke kalian semuanya mengenai positif dan negatifnya dari suatu teknologi, Informasi, dan Komunikasi.

Sebelum menjelaskan tentang hal positif dan hal negatif dari suatu teknologi, kalian harus tau dulu nuh apa itu teknologi informasi dan komunikasi?

Ngomongin soal teknologi informasi dan komunikasi di zaman saat ini yang sudah canggih, kita sebagai pengguna smartphone, laptop, dan teknologi lainnya maupun internet pasti sudah tidak asing dengan tekonologi tersebut. Karena hal tersebut sudah seperti menjadi kebutuhan setiap orang. Di masa ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berjalan semakin pesat. Saat ini sendiri sudah banyak hal yang bisa kita lakukan dengan sangat mudah dan praktis tanpa harus membuang banyak waktu. Kebutuhan akan informasi merupakan hal yang tidak kalah pentingnya dari sandang dan pangan manusia. Teknologi informasi dan komunikasi adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan sebuah informasi. Secara keseluruhan TIK (Teknologi, Informasi, dan Komunikasi) mencakup dua aspek yang pertama adalah teknologi informasi, teknologi informasi adalah suatu teknologi yang memiliki beberapa fungsi seeprti mengolah data, memproses data, memperoleh, menyusun, menyimpan, mengubah data dengan segala macam cara untuk mendapatkan sebuah informasi yang bermanfaat dan tentu saja juga berkualitas. Sedangkan teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras atau hardware dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial seperti saling bertukar menukar informasi dengan individu lain, mengumpulkan data-data, dan memproses data-data.

Pada penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi adalah suatu paduan yang tidak dapat dipisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengolahan, dan transfer atau pemindahan informasi antarmedia. Komputer merupakan bagian dari perangkat TIK (Teknologi, Informasi, dan Komunikasi).

Dengan adanya Teknologi Informasi dan Komunikasi segala sesuatu informasi yang dibutuhkan oleh seluruh manusia dapat dijangkau dengan sangat mudah dan pastinya dengan segala teknologi yang super canggih seperti sekarang ini tentunya sangat membantu segala pekerjaan manusia menjadi sangat mudah dan praktis. Ditambah lagi dengan adanya fitur internet yang lengkap bahkan untuk saat ini memiliki sistem jaringan 4G (Fourth-Generation Technology) dan sistem jaringan 4G rumornya akan ditingkatkan ke sistem jaringan 5G. Dengan adanya sistem jaringan tersebut tentunya akan lebih membantu semua orang dalam aksesbilitas ketika menjelajahi internet.

Hal positif yang diberikan oleh Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) antara lain :

Bidang Pendidikan.

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi mempunyai pengaruh cukup besar di segala bidang terutama di bidang pendidikan. Apalagi di era perkembangan industri Teknologi Informasi dan Komunikasi yang lebih mengutamakan interaksi menggunakan internet. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi telah mengubah proses pembelajaran konvensional. Tidak hanya dengan pembelajaran konvensional seperti di sekolah, kita juga bisa mendapatkan pelajaran dan pengetahuan melalui internet maupun kelas online. Terlebih lagi untuk saat ini di era pandemi COVID-19, mahasiswa dan pelajar sangat bergantung pada sistem Teknologi Internet agar dapat melanjutkan sistem pembelajaran yang diberikan oleh dosen maupun guru. Dengan mengandalkan platform pembelajaran seperti Zoom, Google Meet, dan lain-lain. Akan tetapi pembelajaran online melalui aplikasi tersebut mempunyai kelemahan pada sistem jaringan terutama mahasiswa atau pelajar yang bertempat di pelosok daerah, hal tersebut akan sangat mengganggu sistem pembelajaran mereka, dan tentunya apa yang disampaikan dosen atau guru tidak dapat dicerna dengan baik.

Bidang Kesehatan

Di dalam bidang kesehatan ini Teknologi Informasi dan Komunikasi juga memiliki peran yang penting. Karena semakin majunya teknologi beberapa peralatan medis pun juga sudah sangat berkembang dan itu tentunya memudahkan sabagai contoh saat ibu hamil sedang melakukan pemeriksaan kandungan dengan peralatan yang bernama USG (Ultrasonografi), tentunya alat tersebut sangat membantu untuk mengetahui kondisi bayi didalam kandungan dan dapat mengetahui jenis kelamin bayi, dan untuk sekarang ini peralatan USG (Ultrasonografi) sudah berkembang kualitasnya menjadi 4D. Tidak hanya itu dengan hadirnya Teknologi Informasi dan Komunikasi juga dapat mempermudah pasien terutama dalam mengakses informasi dan pelayanan kesehatan, hanya dengan bermodalkan gadget atau komputer seorang pasien sudah dapat mengakses berbagai macam informasi di internet. Selain itu di tengah pandemi COVID-19 ini rata-rata Rumah Sakit di berbagai daerah juga penuh karena melayani pasien positif COVID-19, dengan adanya TIK pelayanan pasien juga bisa via Online seperti aplikasi atau web "Halodoc", aplikasi atau web tersebut sangat membantu di tengah pandemi seperti ini dengan pelayanan onlinenya kita sudah bisa mendengar arahan-arahan yang diberikan oleh dokter pada saat kita berkonsultasi, hingga saat melakukan penebusan resep obat secara online. Hal ini tentu saja sangat menghemat tenaga dan waktu yang dimiliki pasien.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline