Lihat ke Halaman Asli

Tugas 1.1.A.6 Refleksi Pemikiran Ki Hajar Dewantara

Diperbarui: 20 Januari 2023   15:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pengetahuan dan pengalaman baru yang saya peroleh setelah mempelajari secara mendalam pemikiran -- pemikiran Ki Hajar Dewantara

Setelah membaca, memahami dan juga berbagi pengetahuan dengan fasilitator dan juga teman-teman CGP, Ada beberapa pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh dari hasil pembelajaran pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara yang menambah wawasan saya. Pengalaman dan pengetahuan tersebut seperti menjadikan saya untuk bangkit membuka hati dan pikiran dalam menggerakkan langkah melakukan pembelajaran yang berpusat terhadap peserta didik. Dengan demikian peran guru berubah dari sebagai sumber belajar menjadi peran sebagai fasilitator, artinya guru lebih banyak sebagai orang yang membantu siswa untuk belajar.

Kita sebagai pendidik menjadi tauladan yang akan digugu dan ditiru oleh peserta didik. Setiap ucapan, pikiran, dan perbuatan kita akan menjadi inspirasi bagi mereka yang akan mengubah mereka di masa depan. Saya mendapatkan gambaran yang jelas tentang point penting dari pendidikan yaitu:

  1. komunikasi dua arah saat kegiatan diskusi sehingga mampu menghasilkan sebuah kesepakatan bersama.
  2. Menerapkan Merdeka Belajar bagi murid serta menyesuaikan pembelajaran dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Dalam melakukan pembaharuan yang terpadu, hendaknya selalu diingat bahwa segala kepentingan anak-anak didik, baik mengenai hidup diri pribadinya maupun hidup kemasyarakatannya, jangan sampai meninggalkan segala kepentingan yang berhubungan dengan kodrat keadaan, baik pada alam maupun zaman.
  3. Menggali dan mengoptimalkan segala potensi yang ada di lingkungan daerah dalam mewujudkan Pendidikan diharapkan menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Sebagai pendidik hanya dapat menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kekuatan kodrat anak;
  4. Saya dapat membangun kerjasama dan kolaborasi dengan anggota kelompok dalam hal menyusun kerangka pembelajaran yang sesuai dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara, banyak terjadi profil pelajar pancasila yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan beraklhak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis' dan kreatif.

Kekuatan Yang saya miliki dalam menerapkan pengalaman dan pengetahuan baru ini :

a) Saya mampu dan dapat bekerja sama dengan anggota kelompok saya, sehingga dalam penyelesaian tugas secara berkelompok dapat menghasilkan kesepakatan bersama. Saya menjadi mampu berkolaborasi dengan baik.

b) Saya memiliki semangat yang tinggi dalam belajar membangun karsa, mencari segala informasi yang diperlukan baik melalui tema-teman sejawat ataupun browsing melalui internet/media sosial.

c) Saya berfikir kreatif dan menuangkan ide -- ide baru dalam proses belajar yang saya berikan kepada siswa ampu saya dan menerima saran dari teman-teman

d) Saya selalu menjaga kesehatan untuk mencapai tujuan sebagai transformer pendidikan

e) Keluarga dan rekan yang mendukung kegiatan yang saya tempuh ini

Hal -- hal yang perlu saya ubah dari diri saya agar dapat menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru :

a) pembelajaran yang disampaikan yaitu pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered learning) dan mengaitkan materi yang disampaikan dengan konteks alam sekitar

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline