Lihat ke Halaman Asli

nabilawardatulkhaurobellaa

Mahasiswi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, cita-cita pengen jadi orang yang cerdas dan bermanfaat

Teori Belajar oleh Robert Milles Gagne: Mengulik Lebih dalam tentang Pembelajaran

Diperbarui: 6 November 2023   21:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Teori belajar adalah komponen penting dalam dunia pendidikan dan psikologi. Salah satu tokoh besar dalam bidang ini adalah Robert Gagne, seorang ahli psikologi pendidikan yang dikenal karena kontribusinya terhadap pemahaman kita tentang bagaimana manusia belajar. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan teori belajar oleh Robert Gagne yang telah menjadi landasan dalam perancangan instruksi dan pengembangan kurikulum.

Profil Singkat Robert Milles Gagne

Robert Gagne lahir pada tahun 1916 dan wafat pada tahun 2002. Selama hidupnya, ia memperoleh banyak penghargaan dan prestasi dalam bidang psikologi pendidikan. Ia memegang gelar doktor dalam psikologi pendidikan dari Universitas Brown dan mengajar di berbagai universitas terkemuka seperti Universitas Harvard. Gagne juga pernah bekerja di Angkatan Udara Amerika Serikat selama Perang Dunia II, di mana ia mulai mengembangkan minatnya dalam pembelajaran dan instruksi.

Teori Belajar oleh Robert Milles Gagne 

Teori belajar oleh Robert Gagne, dikenal sebagai "Hierarki Tujuan Pembelajaran" atau "Gagne's Nine Events of Instruction," adalah kerangka kerja yang membantu perancang instruksi untuk merencanakan dan menyusun pengalaman belajar yang efektif. Gagne mengidentifikasi sembilan langkah atau tahap yang harus diikuti untuk mencapai pembelajaran yang sukses:

Pertama, Pembelajaran Tujuan: Langkah pertama adalah menentukan tujuan pembelajaran dengan jelas. Tujuan-tujuan ini harus spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbatas waktu (SMART).

Kedua, Motivasi: Gagne mengemukakan pentingnya memotivasi peserta didik. Ini dapat dicapai dengan memperkenalkan materi pembelajaran secara menarik, membangkitkan minat, atau menghadirkan tantangan yang memacu hasrat belajar.

Ketiga, Pengenalan Materi: Pembelajaran dimulai dengan memperkenalkan materi pembelajaran. Ini mencakup memberikan latar belakang, konteks, atau informasi dasar yang relevan.

Keempat, Stimulasi Kegiatan Awal: Gagne menekankan pentingnya mengaktifkan pengetahuan sebelumnya peserta didik. Ini membantu membangun jembatan antara pengetahuan yang sudah ada dan materi yang akan dipelajari.

Kelima, Penyajian Informasi: Ini adalah tahap di mana materi utama disampaikan. Gagne menyatakan bahwa penyajian informasi harus berfokus pada konsep-konsep yang dapat dicerna oleh peserta didik.

Keenam,Evaluasi: Setelah materi disampaikan, penting untuk mengukur pemahaman peserta didik. Ini bisa dilakukan melalui pertanyaan, tugas, atau latihan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline