Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa FKIP UHAMKA, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 2) di SMAN 96 Jakarta

Diperbarui: 3 Maret 2023   15:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Pengantaran Mahasiswa Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 2) di SMA NEGERI 96 JAKARTA

Kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 2) di SMAN 96 Jakarta yang terletak di Jalan Jati Raya No.40, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat, melibatkan mahasiswa FKIP UHAMKA yang terdiri dari 6 orang yang berasal dari Prodi Pendidikan Geografi. Kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 2) di SMAN 96 Jakarta.

PLP 2 (Pengenalan Lapangan Persekolah 2) merupakan  ajang dan tempat untuk mahasiswa calon guru dapat mengeksplorasi, mempelajari karakteristik siswa dan dapat terjun secara langsung dengan berinteraksi langsung dengan siswa dan perangkat sekolah. PLP 2 juga merupakan salah satu mata kuliah yang ditempuh oleh mahasiswa semester 7 FKIP UHAMKA.

Ardian Febriansyah Putra, M. Pd selaku dosen pembimbing mengantarkan, mahasiswa Prodi Geografi FKIP UHAMKA ke SMAN 96 Jakarta. Diakui bahwa pihak sekolah sangat mengapresiasi kegiatan PLP 2 ini. Dengan adanya PLP 2 dapat mempersiapkan mahasiswa sebagai calon guru untuk dapat mempelajari banyak hal seperti pembuatan perangkat pembelajaran, persiapan media, LKPD untuk persiapan mengajar dan interaksi secara langsung dengan siswa. PLP 2 ini berlangsung selama 8 kali pertemuan.

Pengenalan Lapangan Persekolahan 2 atau disingkat PLP 2 adalah tahapan kedua dalam pengenalan lapangan persekolahan program sarjana pendidikan yang dilaksanakan pada semester keenam atau ketujuh.

Kegiatan Mengajar Oleh Ika Tiana Putri, Sufyan Abdul Latif, Mei Putik Lestari, Munawatus Sholikha, Faqqih Ma'ruf Anggoro, dan Nur Purwati Handayani

Awal Oktober 2022, mahasiswa semester tujuh Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UHAMKA telah mengunjungi beberapa sekolah menengah/sederajat. Hal ini bertujuan agar mahasiswa Pendidikan Geografi UHAMKA dapat melakukan kegiatan PLP 2 di sekolah yang mereka tuju. Didampingi oleh dosen pembimbing dan disambut oleh pihak sekolah dan guru pamong yang nantinya akan menjadi pembimbing mahasiswa di sekolah. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar nantinya selama mahasiswa melaksanakan pengenalan lapangan persekolahan selama kurang lebih dua sampai tiga bulan, mahasiswa mampu memahami manajemen sekolah, memahami pengembangan kurikulum dan pembelajaran sesuai konteks sekolah, serta memahami peran serta masyarakat dalam pengelolaan sekolah. 

Sehingga setelah mahasiswa selesai melaksanakan kegiatan PLP 2 ini, mahasiswa memiliki pengalaman mengenai mengajar di sekolah dan menjadi bagian dari tenaga pendidik di sekolah. Nantinya diharapkan melalui pengalaman baik yang dirasakan oleh mahasiswa, mereka siap untuk terjun di dunia pendidikan setelah lulus.

Kegiatan Pelepasan Mahasiswa Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 2) di SMA NEGERI 96 JAKARTA

Kesan pesan dari Mam Azizah Huda Wijayanti, S.Pd selaku Wakil Kurikulum di SMAN 96 Jakarta untuk mahasiswa PLP 2 beliau mengatakan “Terima kasih terhadap teman – teman PLP UHAMKA yang telah membantu kami dalam proses pembelajaran dan stakeholder apapun selama dua bulan ini, semoga pengalaman yang mereka dapat bisa membuat mereka berkembang menjadi lebih baik. Maka dari itu, pesan saya teruslah maju, teruslah berkarya dan jangan pernah bosan untuk menjadi pribadi yang lebih baik, sopan, dan menjalan tugas – tugas yang diemban nantinya dengan baik.”

Kesan pesan dari Ibu Sri Maryati, S.Pd selaku guru pamong pelajaran Geografi di SMAN 96 Jakarta untuk mahasiswa PLP 2 beliau mengatakan “terkesan sangat baik karna semangat mahasiswa PLP 2 sangat tinggi, dan disiplin serta pesan untuk mahasiwa PLP 2 agar terus belajar semangat untuk menjadi guru yang hebat banyak menginspirasi untuk para murid”. 

Dengan adanya kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 2 ini kami mendapatkan pengalaman dalam menjadi guru yang sesungguhnya. Dapat memahami karakter siswa dan mengembangkan keterampilan dalam menyiapkan menjadi guru yang lebih baik lagi ke depannya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline