Lihat ke Halaman Asli

Mulyo Hartono

Guru dan Melayani Konsultan Guru Online Tanya Jawab Seputar Info Guru

Persiapan Guru Sebelum Daftar PPPK 2021, Sudahkah Anda Lakukan?

Diperbarui: 21 April 2021   01:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: screnshot info.gtk.kemdikbud.go.id

Kabar dibukanya lowongan sejuta PPPK untuk guru pastinya membuat senang hati para guru yang belum berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN). ASN disini meliputi Pegawai Negeri Sipil dan PPPK, maka bersiaplah para guru untuk ikut meramaikan pendaftaran PPPK 2021 ini. Informasi ini saya khususkan untuk guru saja.

Banyak persiapan guru yang harus dan wajib dilakukan sebelum dibukanya pendaftaran PPPK tahun 2021 ini, simak dibawah ini ya dan semoga bisa membantu bapak dan ibu guru.

1. Verval Ijasah

Verval ijasah ini menjadi sangat penting bagi guru karena data verval ijasah ini dibuat untuk sinkron data ijasah bapak ibu guru mulai dari Universitas, tahun lulus dan nomor seri ijasah untuk membuktikan keasluan ijasah bapak ibu guru. Caranya verval ijasah bisa dilakukan pada laman info gtk yang dilakukan secara pribadi. Jika sudah berhasil maka status verval sudah berhasil.

2. Program Seri Guru Belajar Calon ASN PPPK

Sumber : Screnshot ayogurubelajar.kemdikbud.go.id

Program seri guru belajar calon ASN PPPK ini adalah layanan dari Kemendikbud untuk para guru yang ingin mengikuti tes calon ASN PPPK yang berisi materi yang harus diselesaikan guru dan mengikuti try out yang telah disediakan.

Untuk bisa mengikuti program calon ASN PPPK ini guru wajib mempunyai akun SIM PKB yang aktif dan sudah teregristrasi. Sampai disini bapak ibu guru sudah melakukannya.

3. Perbaikan Data Pada Verval PTK

 

Sumber: screnshoot vervalptk.data.kemdikbud.go.id

Perbaikan data pada laman Verval PTK sangat penting sekali, karena data pribadi calon peserta tes PPPK ini datanya harus valid denfan dukcapil. Contohnya Nomor Induk Pribadi yang di entri pada Dapodik tidak sama dengan yang tertera pada data Dukcapil, jadi guru wajib melakukan perbaikan sebelum pendaftaran dibuka.

Sementara tiga hal diatas itu bisa bapak ibu guru jadikan referensi untuk persiapan menghadapi tes PPPK 2021 bagi guru yang terdaftar dalam dapodik. Jangan lupa follow akun saya ini jika anda guru dan pastinya sangat bermanfaat infonya. Terima kasih




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline