Lihat ke Halaman Asli

6 Bahasa Gaul Paling Populer di Indonesia

Diperbarui: 4 April 2017   16:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Bahasa gaul merupakan bahasa percakapan tidak resmi yang digunakan oleh anak-anak muda. Selain untuk mempererat hubungan, bahasa gaul merupakan bentuk jati. Semua negara punya bahasa gaul mereka masing-masing. Indonesia juga punya. Berbeda dengan negara lain, bahasa gaul di Indonesia terbilang cukup unik dengan ragam yang sangat banyak. Hal ini terjadi karena beberapa bahasa gaul tersebut menggabungkan bahasa daerah dengan bahasa Indonesia. Alhasil jadilah bahasa gaul daerah yang juga cukup populer di kalangan masyarakat.

Berikut ini adalah jenis-jenis bahasa gaul yang ada dan cukup populer di Indonesia.


1. BAHASA PROKEM

Bahasa Prokem merupakan bahasa gaul pertama di Indonesia yang menjadi pembuka jalan bagi berkembangnya berbagai jenis bahasa gaul di Indonesia. Bahasa ini populer di tahun 1970 dan pertama kali digunakan oleh para preman di Jakarta untuk berkomunikasi satu sama lain secara rahasia. Tidak heran jika Bahasa Prokem juga dikenal dengan istilah Bahasa Preman.

Kata yang digunakan dalam Bahasa Prokem kebanyakan menggunakan kata bahasa Betawi yang diubah-sesuaikan agar tercipta kata-kata baru yang tidak mudah dipahami oleh orang awam. Meski awalnya sebagai bahasa komunikasi antar preman, namun berkat media televisi, radio, dan film yang kala itu menggunakannya sebagai bahasa santai dan informal, Bahasa Prokem akhirnya menyebar dan dikenal masyarakat. Bahkan beberapa kata Bahasa Prokem telah digunakan sebagai kata sehari-hari yang jamak digunakan masyarakat Indonesia.

Beberapa kata yang berasal dari Bahasa Prokem adalah Lo (Anda / Kamu), Gue (Saya). Bokap (Ayah), Nyokap (Ibu), Emang Beneran (Benarkah?), Nggak (Tidak), Bodo (Tidak Perduli), Gebleg lo (Bodoh), dan lain sebagainya.

Selain itu, Bahasa Prokem pun memiliki beberapa imbuhan dan partikel yang kini telah menjadi bagian dari bahasa Indonesia dan sering digunakan, seperti : Deh / Dah, Dong, Sih, Nih, Tuh, Kok, Kan, dan Yah. Beberapa contoh kalimatnya :

- Jangan gitu deh...

- Apa sih? Mau tau aja...

- Nah kan? Betul kan? Lo ga percaya sih ....

2. BAHASA GAUL DEBBY SAHERTIAN

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline