Lihat ke Halaman Asli

Pembenahan Perlu Diterapkan di Lingkungan Kerja

Diperbarui: 22 Mei 2018   14:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Masalah mutu dapat diindikasikan dengan tempat kerja yang kotr dan kacau, sebagai contoh :

Ada perusahaan yang sedang mendapat kunjungan calon pembeli dari luar negeri, saat diajak berkeliling pabrik, sang pemandu plant visit membanggakan teknologi yang dimiliki perusahaaan dan kehebatan mutu hasil produksi. 

Selain itu pemandu juga menambahkan bahwa perusahaan telah mendapat sertifikat ISO 9001 dan ISO 14001. Kemudian setelah berkeliling, sang tamu diajak ke ruang direksi, sang tamu dijamu dengan makan ringan yang enak dan minuman yang segar, dengan mengucapkan terimakasih kepada tuan rumah sang tamu akhirnya menyampaikan kesan yang ingin disampaikan kepada perusahaan, berikut adalah apa yang tamu luar negeri itu ucapkan :

"Sangat mengesankan, pabriknya luas sekali dan teknologi yang digunakan pun amat canggih, namun untuk saat ini kami belum bisa memutuskan untuk memberi order, karena mutu masih meragukan kami. 

Tadi saat meninjau lokasi produksi kami menyempatkan diri ke toilet untuk buang air kecil, tapi terpaksa kami tahan karena tidak kuat melihat kondisi WC yang ada, bagi kami itulah mutu yang sesungguhnya. Mutu produk Anda akan tercermin dari mutu lingkungan kerja".


Sumber : Buku "101 Kesalahan Konsepsi - Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001"




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline