Lihat ke Halaman Asli

MUIZZ RANDYPRATAMA

saya seorang mahasiswa dari salah satu universitas swasta di solo, jawa tengah

Pemasaran Digital Bantu UMKM dalam Menghadapi Pandemi Covid-19

Diperbarui: 18 Agustus 2021   20:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

dokpri

Karanganyar 13 Agustus 2021 - Di luar maraknya wabah covid-19, ada pandemic lain berupa ekonomi mengalami penurunan drastis terhadap nilai jual pada Usaha Mikro, salah satunya pada UMKM Keripik denna dari sayuran. Ini tidak kalah berbahaya karena membuat para pelaku usaha mengalami kesulitan dalam mencari market, apalagi saat ini diberlakukannya PPKM. Ekonomi turun dapat menimbulkan krisis dalam kehidupan keseharian. Akhir-akhir ini, bertebarnya keluh kesah yang ditimpa oleh para pelaku usaha mikro khususnya pada UMKM Keripik denna dari sayuran dengan maraknya pandemi Covid-19.

Mengingat akan dampak buruknya, setiap orang harus paham dan berusaha untuk mencari solusi. Dan untuk itu saya Mu'izz Randy Pratama dan enam rekan KKNT (Yosua Anang, Bellarmino Reza, Muhammad Aditya, Skotlastika Anggun, Hanifah Husna, dan Agista Rusmayani) dengan DPL: Agatha Jumiati, SH, MH. dan pendamping: Dr. Sundari S.pd. KKNT Universitas Slamet Riyadi Surakarta kelompok 9, membantu dalam pemasaran UMKM dengan cara melalui media social / dunia digital, yang bertujuan untuk mengupayakan pelaku UMKM bisa tetap beroperasi dalam produksi usaha, membantu dalam strategi penjualan dan pemasaran, pelaku UMKM akan mendapatkan pelajaran, pengalaman sekaligus bisa memberikan peluang untuk menawarkan program pada UMKM yang lainnya.

Pada kesempatan kali ini, berproduksinya usaha tetap dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat sesuai peraturan yang berlaku dan memakai masker. Strategi pemasaran yang saya buat akan kita olah terlebih dahulu dari segi pengemasan maupun merk brand, hal ini bertujuan sebagai daya tarik konsumen untuk memikat para costumer memiliki rasa ingin tau atau penasaran serta untuk mencari market yang lebih luas. Dengan adanya dunia digital saya tertarik untuk membantu dalam pemasaran UMKM Keripik denna ditengah maraknya pandemic covid-19, diantaranya bisa memasarkan melalui media social seperti : facebook, instagram, tiktok, serta juga dapat dipasarkan di dalam youtube, gofood, dsb.   

dokpri

Strategi pemasaran yang dapat kami bantu ini merasa belum cukup puas dalam pemasaran dunia digital, dan akhirnya kami mempunyai ide untuk membuatkan letak titik produksi UMKM Keripik denna yaitu berupa Google Maps, karena setelah kita survey dan menggali lebih dalam dalam dunia digital terutama google maps, ternyata untuk letak pelaku UMKM Keripik denna ini belum ada. Hal ini membuat kita tertarik dengan membuatkan letak titik UMKM serta untuk memudahkan mencari pelanggan dalam menemukan tempat UMKM maupun produksinya



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline