Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Arif Arofah ST MT IPP

S2 Tek. Sipil Transportasi Universitas Trisakti (2022 - 2024) | S1Teknik Sipil BINUS University (2016 - 2020)| Highway and Transport Engineer | IG @arifarofah | muhammadarifarofah@gmail.com

3 Cara Supaya Kamu Tidak Minder Berbicara di Depan Banyak Orang!

Diperbarui: 4 September 2022   16:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar : Freepik/katemangostar

Hai Kompasianers!  Kamu pernah merasa minder pada diri sendiri saat ingin berbicara didepan banyak orang? Ada 3 cara supaya tidak minder yaitu Percaya Diri, Jangan Dengarkan Kata Orang, dan Hargai Dirimu. Yuk pahami lebih dalam versi saya agar kamu tidak perlu minder lagi:

1. Percaya diri

Sumber Gambar : Freepik/pressmaster

Hal yang membuat kamu tidak percaya diri saat berbicara adalah ketakutan pada banyak hal. Diantaranya adalah takut salah ucap, takut blank, takut ditertawai penonton, takut membosankan, dan sebagainya. Dengan percaya pada kemampuan diri sendiri, maka kamu sudah maju satu langkah untuk mempunyai sikap tidak minder.

2. Jangan Dengarkan Kata Orang

Sumber Gambar : Freepik/benzoix

Langkah selanjutnya yaitu tidak mendengarkan omongan negatif dari orang lain. Hal tersebut dapat menghambat kamu untuk menjadi lebih baik lagi. 

Teman - teman selalu sibuk berkomentar mencibir tentang diri kamu saat sedang berbicara. Mulai dari intonasi suara, penampilan, salah penyampaian, dan sebagainya. Perlunya fokus pada apa yang kamu punya, karena mereka belum tentu lebih baik dibanding dengan kamu.

3. Hargai Dirimu

Sumber Gambar : Freepik/drobotdean

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline