Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Arif Arofah ST MT IPP

S2 Tek. Sipil Transportasi Universitas Trisakti (2022 - 2024) | S1Teknik Sipil BINUS University (2016 - 2020)| Highway and Transport Engineer | IG @arifarofah | muhammadarifarofah@gmail.com

Bagaimana Cara Menyeragamkan Pendapat Saat Diskusi? Ikuti 5 Langkah Ini!

Diperbarui: 21 Agustus 2022   11:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar : Freepik/mego-studio

Hai Kompasianers! Saat sedang sesi diskusi dengan siapapun, bagaimana cara untuk menyeragamkan banyak pendapat dari setiap masing - masing individu? Coba kamu ikuti 5 langkah ini versi saya, supaya diskusi dapat menghasilkan kesepakatan yang saling menguntungkan untuk kepentingan bersama:

1. Open Minded

Sumber Gambar : Freepik/wayhomestudio

Sangat penting bagi kamu untuk punya sifat open minded. Saat diskusi, setiap orang berhak mengemukakan pendapatnya masing - masing. Kamu akan disukai oleh banyak orang apabila terbuka terhadap segala jenis ide, pendapat, informasi, dan gagasan. 

2. Brainstorming

Sumber Gambar : Freepik/cookie_studio

Hindari pemikiran bahwa pendapat kamu yang paling benar. Karena tidak ada pendapat yang paling salah dan paling benar. Kamu harus mendengarkan dan menghargai pendapat orang lain. Sehingga kamu lebih mudah menghargai pendapat orang lain. 

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan ilmu baru lewat perspektif pendapat orang lain. Pastikan juga kamu harus mengapresiasi pendapat orang lain.

3. Eliminasi Pendapat

Sumber Gambar : Freepik/yanalya

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline